Home / Berita / Nasional / Insiden Pilot Lion Air Ajak Penumpang Masuk Kokpit Jadi Viral

Insiden Pilot Lion Air Ajak Penumpang Masuk Kokpit Jadi Viral

dakwatuna.com- Jakarta. Seorang penumpang Lion Air mengaku memergoki penumpang lainnya bebas memasuki kokpit saat pesawat sedang mengudara. Citra Rienanti menceritakan pengalamannya itu di akun Facebook-nya dan menjadi viral.

Di Facebook-nya, Citra mengaku menjadi penumpang pesawat JT Lion 015 penerbangan Denpasar-Jakarta pada 23 Mei 2017. Citra menceritakan, saat itu pesawat terlambat terbang sekitar 1,5 jam.

“Saya yang duduk di bangku 2C dan suami saya yang duduk di 2B pada awalnya tidak merasakan keanehan pada penerbangan itu,” ujar Citra.

Seperti biasa, kata Citra, ketika lampu tanda sabuk pengaman sudah boleh dibuka dan pesawat berada pada ketinggian tertentu, para penumpang boleh menggunakan kamar kecil yang disediakan di pesawat.

Namun, ujar dia, kejanggalan terjadi ketika dia melihat salah satu pramugari memberikan kode kepada penumpang yang duduk di bangku 1F dan 1E. Penumpang itu adalah seorang ibu muda beserta putranya yang berusia sekitar 3 tahun. Setelah mendapat kode dari pramugari, kata Citra, mereka meninggalkan bangku penumpang.

Citra, bisa melihat peristiwa itu lantaran dia duduk di bangku 2C yang jaraknya dekat dengan bangku 1E.

“Jadi saya sempat mendengar perkataan pramugari, kira-kira begini ‘Bu, Bapak ingin bertemu’ dan segera direspon oleh si ibu muda ‘oh, sudah bisa ya?’ sepertinya hal ini bukan pertama kali terjadi dan merupakan ‘rutinitas’,” ujar Citra.

Penasaran ke mana penumpang itu pergi, Citra kemudian bertanya kepada pramugari yang bertugas.

“Mbak, ibu sama anak yang di bangku depan tadi (sambil menunjuk bangku yang kosong) ke mana ya?’. Si pramugari gelagapan menjawab ‘hmmm.. Itu lagi ketemu suaminya di kokpit.’ Lalu saya lanjutkan pertanyaan lagi ‘emang boleh yah ke kokpit? Bawa anak pula yang usianya masih balita? Apa tidak membahayakan para penumpang?,” tulis Citra dalam akun Facebooknya.

Citra bertanya pada pramugari lantaran khawatir menganggu penerbangan jika ada penumpang yang masuk ke kokpit. Saat itu ada 214 penumpang yang ada di pesawat.

“Saya orang awam tapi setau saya, tidak ada yang boleh masuk ke kokpit selain kru pesawat (sambil menunjukkan tulisan larangan memasuki kokpit yang jelas tertera di pintu depan kokpit) dan saya minta mbak kasih tau sama pilotnya yah sebelum hal ini saya share kepada penumpang lainnya,” kata Citra kepada pramugari.
Setelah menunggu sekitar 10 menit si ibu itu kembali dengan sang anak. Citra pun berusaha menanyakan kepada ibu kenapa ada di kokpit. Sontak saja si ibu itu langsung marah dan memaki-makinya. “Boleh aja (masuk kokpit) kan enggak ngapa-ngapain,” kata Citra yang menirukan ibu itu.

Lantas Citra bersama dengan suaminya pun meminta konfirmasi ke pilot tersebut yang diketahui bernama Dimas Rio. Dimas menjawab boleh saja orang masuk ke kokpit asal seizin dengan pilot itu. “Boleh ke kopkit atas izin captain (pilot), captain juga menawarkan apabila terbang menggunakan Lion Air lagi dan si captain (Dimas Rio) yang memimpin penerbangan bisa mampir ke koit,” tutur Citra menirukan pilot itu.

Citra juga sudah berusaha menemui Duty Manager Lion Air untuk meminta penjelasan, namun tidak berhasil karena dia harus berangkat lagi menuju Jambi karena saat itu sedang transit.

Namun demikian Citra memertanyakan kepada pihak-pihak terkait apakah diperbolehkan orang yang bukan kru pesawat bisa masuk ke kokpit. “Apakah sistem penerbangan di Indonesia membolehkan hal seperti itu terjadi,” pungkasnya. Dilansir jawapos.com

Atas peristiwa ini, Manajemen Lion Air menyatakan akan melakukan investigasi. Sebab, dalam peraturannya penumpang memang dilarang masuk ke kokpit.

“Saat ini sedang kami lakukan investigasi dan apabila terbukti adanya pelanggaran peraturan maka kami akan berikan sanksi tegas terhadap pilot,” ujar Manager Humas Lion Air Andy M Saladin.

Andy menegaskan, berdasarkan peraturan Lion Air, selain kru pesawat dilarang masuk ke dalam kokpit. “Itulah kenapa kami akan investigasi,” Andy memungkas. Dilansir liputan6.com

Redaktur: Samuri Smart

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Asal Sulawesi Tenggara, hobi mencatat segala inspirasi

Lihat Juga

Insiden Penembakan di Arab Saudi, Seorang Polisi Tewas

Organization