Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / KTT Arab Islam Amerika Bentuk Koalisi Strategis Timur Tengah

KTT Arab Islam Amerika Bentuk Koalisi Strategis Timur Tengah

Suasana KTT Arab Islam Amerika yang digelar di Riyadh. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Riyadh. Koferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islam Amerika, yang digelar pada Ahad (21/05/2017) di Riyadh itu, menghasilkan sebuah kesepakatan yang disebut dengan “Pernyataan Riyadh. Dalam pernyataan tersebut, tertuang niat untuk membentuk Koalisi Strategis Timur Tengah pada tahun 2018 mendatang. Koalisi tersebut dimaksudkan untuk menghadirkan keamanan dan perdamaian baik di Timur Tengah maupun dunia.

Dalam pernyataan tersebut dikatakan, “Para pemimpin (peserta KTT) bertekad menyusun langkah untuk mengumumkan pembentukan (Koalisi Strategis Timur Tengah di Riyadh). Dalam koalisi tersebut, ada beberapa negara yang akan bergabung untuk berkontribusi dala mewujudkan keamanan dan perdamaian baik di Kawasan maupun dunia.”

“Pengumuman negara yang ikut serta, akan dilakukan pada tahun 2018 mendatang,” sebagaimana dilansir dari Anadolu Ajansı.

Pernyataan yang merupakan hasil KTT tersebut juga menyebutkan, “Negara-negara bersiap untuk turut serta dalam koalisi militer Islam untuk memerangi teroris, yang akan memberikan kekuatan cadangan sebesar 34 ribu pasukan. Hal ini dimaksudkan untuk mendukung upaya pemberantasan organisasi teroris di Irak dan Suriah, jika diperlukan.”

KTT Arab Islam Amerika digelar di ibu kota Arab Saudi, Riyadh. KTT ini diikuti oleh sejumlah pemimpin Arab Islam, serta dihadiri oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansı

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Demonstran Minta Trump Merdekakan Hong Kong dari Cina

Figure
Organization