Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Erdogan Kembali Pimpin Partai Penguasa Turki

Erdogan Kembali Pimpin Partai Penguasa Turki

Poster Erdogan terpampang di salah satu jalanan Turki. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Ankara. Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, secara aklamasi kembali memimpin Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) Turki. Erdogan merupakan satu-satunya kandidat dalam pemilihan internal pimpinan partai penguasa itu, yang digelar melalui Kongres Luar Biasa di Ankara pada Ahad (21/05/2017).

Saat tiba di lokasi Kongres, Presiden Erdogan yang didampingi Ibu Negara itu disambut oleh Perdana Menteri sekaligus Ketua AKP saat ini, Binali Yildirim; sejumlah pejabat penting partai; dan para pendukungnya. Sebelum acara yang diselenggarakan di Ankara Sports Hall itu dimulai, Presiden Erdogan tampak menyampaikan pidato singkat di hadapan para pendukungnya.

“Para saudara seperjuangan yang mulia, serta Tuan Yildirim, aku sampaikan salam hangat setelah 998 hari lamanya. Ada pemisah yang nyata di antara kita, tapi saat ini kita dipertemukan,” kata Erdogan.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Erdogan juga menyampaikan terima kasih kepada Binai Yildirim yang telah menjalankan amanah sampai saat ini.

Erdogan melepaskan jabatan sebagai Ketua AKP pada tahun 2014 silam saat dirinya mencalonkan diri sebagai presiden Turki. Sebelumnya, Erdogan yang juga pendiri partai, memimpin AKP sejak tahun 2001 silam.

Kembalinya Presiden Erdogan ke tampuk pimpinan AKP ini tidak terlepas dari hasil referendum yang digelar 16 April lalu. Dalam hasil referendum tersebut, rakyat Turki setuju dengan amandemen konstitusi termasuk perubahan sistem pemerintahan dari parlementer menjadi presidensial. (wch/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net + TRT News Arabic

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Erdogan Bantah Turki Berniat Kuasai Wilayah Negara Lain

Figure
Organization