Topic
Home / Narasi Islam / Teknologi / Smartphone Aman dari Serangan WannaCry

Smartphone Aman dari Serangan WannaCry

dakwatuna.com- Jakarta. Serangan siber menggunakan ransomware WannaCry sepekan lalu untuk saat ini dipastikan tak akan bisa menyerang ponsel pintar. Sistem operasi yang berbeda menjadi alasannya.

Kaspersky menyebut WannaCry bekerja dengan mengeksploitasi celah di sistem operasi Windows, terutama edisi lawas seperti Windows XP. Itu sebabnya hingga sekarang nihil laporan mengenai serangan WannaCry ke perangkat ponsel.

“Versi 1.0 WannaCry hanya memanfaatkan celah dari Windows,” ucap Jemmy Handinata, Pre Sales specialist dari Kaspersky Lab di Jakarta, Jumat (19/5).

Kendati begitu Jemmy memperkirakan pelaku penyebar ransomware seperti WannaCry akan beraksi kembali di kemudian hari. Ia menyebut ada kemungkinan serangan ransomware atau malware lain akan menyasar platform lain di luar Windows, seperti iOS dan Android.

“Ke depannya pasti akan muncul serangan-serangan lain. Ini baru tahap awal, ke depan pasti ada lagi,” imbuhnya.

Sebagai pencegahan, Jemmy memperingatkan semua orang untuk secara rutin mem-back up data di perangkat mana pun untuk sebagai upaya pencegahan. Pasalnya sejauh ini, belum ada solusi mengembalikan data yang “disandera” oleh ransomware WannaCry.

WannaCry bekerja dengan mengenkripsi data yang mereka susupi. Untuk membuka data itu kembali, korban WannaCry diwajibkan membayar tebusan dengan Bitcoin.

Jemmy juga menganjurkan kepada pemilik komputer ataupun ponsel untuk terus memutakhirkan sistem operasi.

“Itu kan sifatnya mencegah, tapi sifatnya mencegah lebih baik daripada mengobati,” pungkasnya. Dilansir CNN Indonesia

Redaktur: Samuri Smart

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Asal Sulawesi Tenggara, hobi mencatat segala inspirasi

Lihat Juga

Adam Meyer: Tahun 2017, Tahun Dimana Peretas Melakukan Inovasi

Figure
Organization