Home / Berita / Internasional / Asia / Hasil Awal Pilpres Iran, Kandidat Petahana Dinyatakan Menang

Hasil Awal Pilpres Iran, Kandidat Petahana Dinyatakan Menang

Kandidat petahana, Hassan Rouhani. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Teheran. Calon Presiden dari Gerakan Reformis Iran, Hassan Rouhani, dinyatakan menang dalam pemilihan presiden Iran dengan perolehan suara mencapai 58,5%, menurut hasil awal. Jika hasil tersebut sesuai dengan hasil resmi, maka Rouhani akan kembali menjadi presiden Iran untuk yang kedua kalinya.

Ketua Komisi Pemillihan Iran, Ali Ashghar Ahmadi mengatakan, Rouhani memperoleh 22.796.468 suara, dari daftar pemilih sebesar 38.914.470 suara, Sabtu (20/05/2017).

Ahmadi kembali menjelaskan, sedangkan kandidat yang diusung kelompok Konservatif, Ibrahim Raisi memperoleh 15.452.194 suara.

Adapun dua kandidat lainnya, yaitu Mostafa Mir dan Mostafa Hashemi Taba, masing-masing memperoleh 455.211 dan 210.597 suara, tambah Ahmadi.

Ahmadi mengatakan, Berdasarkan hasil yang telah disebutkan, maka Rouhani memperoleh 58,5% suara, sedangkan pemenang urutan kedua memperoleh 39,7% suara.”

Dalam kesempatan tersebut, Ahmadi juga menegaskan, hasil akhir pilpres Iran ini  akan diumumkan secara resmi pada pukul 14.00 waktu Iran oleh Menteri Dalam Negeri Iran. (whc/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Ajansı

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Rudal Iran dalam Jamuan Makan Pejabat AS dan PM Israel