Home / Berita / Nasional / Tokoh Lintas Agama Dukung Pemerintah Hentikan Konflik

Tokoh Lintas Agama Dukung Pemerintah Hentikan Konflik

dakwatuna.com- Jakarta. Para tokoh lintas agama yang hadir ke Istana Merdeka Jakarta, Selasa, untuk bertemu Presiden Joko Widodo menyatakan dukungannya kepada pemerintah  untuk menghentikan segala upaya yang dapat menimbulkan terjadinya konflik di masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh perwakilan tokoh lintas agama yakni Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin dalam jumpa pers bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kami sepakat untuk menguatkan rasa kebangsaan Indonesia dan menguatkan persaudaraan sebangsa setanah air, atau yang kita sebut dengan ukhuwah islamiyah,” katanya.

Bersamaan dengan itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat di dalam menyampaikan aspirasinya, meskipun Indonesia itu sebagai negara demokratis, tetapi aspirasi itu hendaknya disampaikan dalam koridor hukum kesantunan, keadaban, dan dengan cara yang akhlakul karimah.

Para tokoh agama juga mendukung upaya-upaya penguatan terhadap dasar negara Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Dan kami berusaha memperbanyak dialog-dialog kebangsaan atau halaqah kebangsaan di dalam kalangan masyarakat supaya rasa kebangsaan masyarakat semakin kuat, dan keutuhan bangsa semakin dapat terjamin,” katanya.

Pada kesempatan itu Presiden menggelar pertemuan dengan majelis-majelis agama dan ormas-ormas keagamaan.

“Setelah kami mengadakan pembicaraan dengan Bapak Presiden tentang kebangsaan dan kenegaraan kita, kami bersepakat dan mendukung upaya pemerintah, Bapak Presiden dan jajarannya untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut ialah Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Helmy Faishal Zaini, Ketua Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah Syaiful Bakhri, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, Ketua Persekutuan Gereja Indonesia Henriette T. Hutabarat-Lebang, dan Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia Hartati Murdaya.

Selain itu Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia Wisnu Bawa Tenaya, Ketua Majelis Tinggi Agama Khonghuchu Indonesia Uung Sendana L. Linggaraja, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Kapolri Jenderal Pol. Tito Karnavian. Dilansir Antara

Redaktur: Samuri Smart

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Asal Sulawesi Tenggara, hobi mencatat segala inspirasi

Lihat Juga

Warga Sipil Suriah Meminta Turki Membuat Zona Penyangga di Idlib

Organization