Home / Berita / Internasional / Eropa / Resmi Dilantik Jadi Presiden, Macron Tegaskan Peran Penting Prancis di Mata Dunia

Resmi Dilantik Jadi Presiden, Macron Tegaskan Peran Penting Prancis di Mata Dunia

Emmanuel Macron resmi dilantik jadi presiden Prancis. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Paris. Presiden Prancis terpilih, Emmanuel Macron, secara resmi dilantik jadi presiden ke-25 negara tersebut pada Ahad (14/05/2017). Dengan ini, Macron resmi menjadi presiden termuda sepanjang sejarah Republik Prancis.

Saat menyampaikan pidatonya yang pertama sebagai presiden, Macron mengatakan, “Dunia dan Eropa memerlukan keberadaan Prancis lebih dari sebelumnya. Yaitu memerlukan Prancis sebagai negara yang kuat dan percaya diri.”

“Dunia selalu memerlukan sumbangsih bangsa Prancis. Kita akan melindungi Eropa dan akan kita jadikan Eropa melindungi kita,” tambah Macron. Presiden baru itu juga menyebut rakyat yang telah memilihnya menjadi presiden karena memilih harapan.

Lebih lanjut, Macron juga menegaskan, Eropa harus lebih efektif dan lebih demokratis. “Eropa merupakan simbol kekuatan dan kedaulatan kita,” tambahnya.

Selain itu, Macron juga mengatakan, dirinya tidak akan mengingkari apa yang telah menjadi komitmen dan janjinya. Macron juga mengklaim akan melakukan apa yang ia mampu untuk menghadirkan kemakmuran, serta mereformasi pendidikan dan ekonomi di Prancis. Juga akan bekerja secara demokratis berdasarkan aspirasi rakyat, serta bersikap adil dan efektif untuk rakyat seluruh rakyat Prancis.

Emmanuel Macron (39 tahun) resmi menjadi Presiden Prancis setelah memangkan pemilihan presiden dengan mengantongi 66,10% suara. Jauh mengalahkan lawannya, Marine Le Pen yang hanya memperoleh 33,90% suara. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Prancis Ancam Beri Sanksi Baru untuk Iran

Organization