Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Ismail Haniyah Terpilih Menjadi Kepala Biro Politik Hamas Gantikan Khaled Misy’al

Ismail Haniyah Terpilih Menjadi Kepala Biro Politik Hamas Gantikan Khaled Misy’al

Ismail Haniyah terpilih menjadi Kepala biro Politik Hamas selanutnya. Sebelumnya, ia adalah wakil kepala biro politik. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Gaza. Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam (Hamas), Khaled Misy’al mengumumkan, Ismail Haniyah terpilih menjadi Kepala Biro Politik Hamas yang baru menggantikan dirinya. Haniyah terpilih setelah Hamas menggelar pemilihan internal pada Sabtu (06/05/2017).

Misy’al menjelaskan, Majelis Syura Hamas yang baru, sepakat memilih Ismail Haniyah untuk menjadi Kepala Biro Politik selanjutnya. Pemilihan sendiri, imbuh Misy’al, berlangsung dalam suasana yang demokratis dan penuh persaudaraan.

Seperti dilansir dari Anadolu Agency, sumber dari biro politik Hamas menyebutkan, sesi pemilihan diselenggarakan di Doha-Qatar dan di Gaza dalam waktu yang bersamaan, yaitu dengan menggunakan video conference.

Seharusnya, sejumlah pemimpin Hamas yang diketuai Khaled Misy’al akan bertolak dari Gaza menuju Qatar untuk berpartisipasi langsung dalam pemilihan. Namun, penutupan gerbang Rafah menyebabkan rencana itu harus diurungkan.

Selain itu, sumber juga melaporkan, ada tiga nama yang turut bersaing dalam pemilihan tersebut. Mereka adalah Wakil Kepala Biro Politik saat ini, Ismail Haniyah; Musa Abu Marzuq; dan Muhammad Nazal.

Perlu diketahui, Khaled Misy’al telah memimpin biro politik Hamas sejak 1996 silam. Berdasarkan peraturan internal Hamas, Misy’al sudah tidak dimungkinkan lagi  untuk mencalonkan diri. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization