Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / AS: Iran Penyebab Utama Kekacauan di Timur Tengah

AS: Iran Penyebab Utama Kekacauan di Timur Tengah

Menlu Iran, Javad Zharif (kiri). Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley (kanan). (aljazeera.net)

dakwatuna.com – New York. Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB, Nikki Haley mengatakan, Amerika Serikat dan para sekutunya akan bekerja lebih keras untuk memutus dukungan Iran kepada kelompok-kelompok teroris radikal. Pernyataan ini sebagaimana dilansir dari Aljazeera.net pada Jumat (21/04/2017).

Dalam pertemuan Dewan Keamanan (DK) PBB, Nikki mengatakan, Iran adalah sebab utama terjadinya kekacauan di Timur Tengah. Nikki juga bersumpah bahwa AS dengan para sekutunya, akan mematuhi resolusi-resolusi PBB.

Lebih lanjut, Nikki juga mengungkit dukungan Iran kepada Presiden Suriah, Bashar al-Asad, pemberian senjata kepada pasukan Syiah Hutsi di Yaman, melatih milisi Syiah di Irak, serta dukungan Iran kepada Hizbulah di Lebanon. Semua sikap Iran tersebut, menurut Nikki, bertentangan dengan resolusi PBB.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS, Rix Tillerson menegaskan, kesepakatan nuklir Iran telah menemui kegagalan. Lebih lanjut, Menlu Tillerson juga mengatakan, Iran adalah negara pendukung terorisme di dunia ini.

Pada 14 Juli 2015 lalu, Iran telah menandatangani kesepakatan nuklir dengan beberapa negara yang disebut sebagai kelompok 5+1. Dalam kesepakatan tersebut, Iran setuju dengan ketentuan mengurangi kemampuan nuklirnya, dengan imbalan pencabutan sanksi. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization