Home / Berita / Daerah / Tips Liburan Murah ke Raja Ampat dengan Sriwijaya

Tips Liburan Murah ke Raja Ampat dengan Sriwijaya

Salah satu keindahan obyek wisata Indonesia

dakwatuna.com – Dapat dikatakan bahwa Raja Ampat adalah salah satu destinasi liburan impian yang menempati urutan paling atas di kalangan para pelancong. Kawasannya yang memang sangat indah tak dipungkiri akan sangat membekas dalam pikiran. Banyak dari mereka yang telah berkunjung ke sana mengakui hal tersebut! Nah, maskapai Sriwijaya, sebagai salah satu maskapai asli Indonesia turut bantu mewujudkan impian tersebut.

Yap! Kamu yang sudah pernah mencari-cari rute perjalanan ke Raja Ampat pasti menemukan banyak rekomendasi untuk menggunakan maskapai satu ini. Selain, rutenya yang memang bertujuan ke lokasi terdekat Raja Ampat, Sriwijaya juga sering memberikan harga tiket pesawat yang sangat terjangkau. Asyik, kan?

Nah, tapi, yang jadi pertanyaan apakah benar-benar ada tips liburan murah ke Raja Ampat? Jawabannya ada di poin-poin berikut ini:

3 Tips Liburan Murah ke Raja Ampat

1. Pilih tiket pesawat yang murah

Khususnya bagi kamu yang berada di luar pulau Papua, tentu saja, kamu harus cari moda transportasi termurah agar liburan kamu judulnya “murah”. Hehe. Memang sih bisa naik transportasi laut dan jauh cukup murah! Tapi, sayang sekali, kamu harus menghabiskan waktu berhari-hari di laut. Hmm… Kalau punya banyak waktu atau ingin merasakan pengalaman cukup berbeda sih tak masalah, ya.

Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, coba saja cek Traveloka.com Sriwijaya. Oh ya, sebagai informasi, untuk mencapai Raja Ampat, kamu bisa pilih rute yang ke Sorong terlebih dahulu. Contohnya, Jakarta – Sorong kadang kala dibanderol sejutaan saja, lho!

2. Berangkat rombongan

Yap! Perjalanan ke Raja Ampat cukup rumit. Ada banyak biaya sewa yang perlu ditutupi, contoh sewa kapal untuk mencapai Raja Ampat dari Sorong juga berkeliling pulau-pulau di kawasan tersebut. Jadi, berangkat rombongan atau grup sangat disarankan karena dana akan bisa dibayar bersama.

Plus, tentukan timing yang tepat, ya. Kamu perlu mengetahui jadwal untuk perahu regular agar dapat biaya sewa yang lebih murah. Kemudian, pilihlah waktu liburan di bulan yang tepat. Rekomendasi untuk Raja Ampat adalah sekitar September sampai April karena setelah bulan-bulan tersebut ombak cukup tinggi.

3. Menginap di rumah penduduk atau homestay

Penginapan adalah bagian penting ketika liburan. Agar dapat menikmati liburan murah ke Raja Ampat, pilihlah untuk menginap di rumah penduduk saja atau homestay daripada hotel atau resort. Namun, tak menutup kemungkinan jika ingin menginap di hotel karena tersedia pula hotel dengan beragam harga di sana. Contohnya saja, homestay di Pulau Waisai yang dibanderol sekitar 250 ribu sampai 300 ribu. Nah, kalau rumah warga bisa lebih murah lagi!

Sebagai pengingat pula, ketika akan ke Raja Ampat, jangan lupakan biaya retribusi wajib wisata Raja Ampat. Nominalnya adalah sekitar Rp 500 ribu per orang. Nantinya kamu dan rekan-rekan seperjalanan akan dapat pin ataupun kartu agar bisa masuk ke kawasan Raja Ampat. Pin dan kartu tersebut berlaku satu tahun!

Jadi, kamu bisa gunakan lagi apabila ada kesempatan ke Raja Ampat dalam tahun yang sama. Mengapa cukup mahal? Dana tersebut akan digunakan untuk menjaga dan merawat kelestarian kawasan Raja Ampat. Tak perlu heran kalau hingga saat ini Raja Ampat masih diidam-idamkan pelancong karena keindahannya yang luar biasa. Luar biasa indah tentu tak terjadi begitu saja, bukan? (sb/dakwatuna.com)

Advertisements

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Neno Warisman: Ada Warna Baru yang Disajikan di Aksi Reuni 212