Topic
Home / Berita / Internasional / Hamas Buka Lembaran Baru Dengan Mesir

Hamas Buka Lembaran Baru Dengan Mesir

Ismail Haniyah (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Palestina. Wakil Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyah mengatakan bahwa hubungan antara Hamas dengan Mesir telah membuka lembaran baru, Sabtu (11/02/2017).

Dalam pidato yang disampaikan saat upacara distribusi apartemen di Jalur Gaza, yang dibangun berkat dana dari Qatar tersebut, Haniyah mengatakan, “Kita telah sampai pada lembaran baru terkait hubungan dengan Mesir, dan aku berharap akan terus meningkat.”

Haniyah melanjutkan, “Kita berkomitmen dan berdedikasi terhadap hubungan dengan Mesir. Kitaakan membangun hubungan yang terus berkembang. Kita juga akan menghapus segala kekhawatiran mengenai keamanan nasional Mesir. Yaitu dengan menghindari intervensi terhadap urusan dalam negeri Mesir, dan tidak melibatkan diri dengan segala sesuatu yang terjadi di Mesir atau Sinai.”

Selama pidatonya, Haniyah juga menyinggung perihal kunjungannya ke Kairo baru-baru ini. Serta kunjungan berikutnya yang dilakukan oleh delegasi keamanan Hamas.

“Kami berbicara dengan saudara-saudara di Mesir tentang hubungan politik dan bilateral, segala yang dibutuhkan Gaza, serta pencabutan blokade. Kami juga berbicara tentang kaitannya dengan keamanan dan kekhawatiran pada tingkat ini,” ujar Haniyah.

Lebih lanjut, Haniyah mengatakan, “Secara mendalam kami sampaikan terkait kepercayaan dan apresiasi kami terhadap peran nyata yang ditunjukkan Mesir kepada Palestina di regional. Tanpa ragu aku katakan bahwa kita telah sampai pada tahapan baru terkait hubungan dengan Mesir.”

Terkait pembukaan pintu perbatasan Rafah, Haniyah mengatakan, “Hari ini perbatasan dibuka selama tiga hari. Akan banyak barang yang masuk untuk pertama kalinya, seperti gandum, mobil, bahan-bahan bangunan, dan yang lainnya. Juga akan ada perkembangan tentang lalu lintas perdagangan di perbatasan Rafah.”

Dilaporkan bahwa Ismail Haniyah berkunjung ke Kairo pada Senin (23/01/2017) lalu, dan bertemu dengan beberapa pejabat Mesir. Kunjungan tersebut kemudian disusul dengan kunjungan delegasi keamaan Hamas pada Selasa, (31/01/2017), dalam rangka melanjutkan pertemuan dan konsultasi bersama antara kedua belah pihak. (whc/aa.com.tr/dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Hamas Kecam Sekjen PBB

Figure
Organization