Topic
Home / Berita / Daerah / Survei SPIN, Elektabilitas Anies-Sandi Ungguli Paslon Lain

Survei SPIN, Elektabilitas Anies-Sandi Ungguli Paslon Lain

Kampanye Akbar Pasangan Anies-Sandi di Lapangan Banteng, Jakpus, Ahad (5/2/2017)

dakwatuna.com – Jakarta. Hasil survei yang dilakukan oleh SPIN (Survey & Polling Indonesia) menempatkan pasangan Anies-Sandiaga unggul dalam hal elektabilitas. Posisi kedua ditempati oleh Ahok-Djarot dan disusul Agus-Sylvi. SPIN mengatakan elektabilitas itu berkaitan dengan kesolidan dukungan pemilih di DKI Jakarta pada saat Pilpres 2014 lalu.

Hasil Survei yang dilakukan terhadap 1.102 responden pada 24-26 Januari 2017 dengan menggunakan metode multistage random sampling tersebut adalah elektabilitas untuk paslon Anies Baswedan-Sandiaga Uno sebesar 41,74 persen. Posisi kedua ditempati oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat 30,04 persen. Pasangan Agus Yudhoyono-Sylviana Murni di posisi buncit dengan elektabilitas 24,95 persen

Margin of error survei yakni 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Sementara jumlah responden yang belum menentukan pilihan yakni 3,27 persen

Direktur SPIN, Igor Dirgantara mengatakan, elektabilitas tiap pasangan calon dipengaruhi oleh kesolidan pemilih Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada saat Pilpres 2014 lalu.

“Hasil survei SPIN, pasangan Anies-Sandi sangat dipengaruhi solidnya dukungan pemilih di Jakarta pada saat Pilpres 2014 yang mendukung Prabowo-Hatta. 50,9 persen memilih Prabowo sementara 48,46 persen memilih Jokowi dan 0,64 persen golput,” ujar Igor di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (8/2/2017) seperti dilansir detikcom

Dari persentase tersebut, Igor menjelaskan, pemilih Prabowo di DKI Jakarta yang memilih Agus-Sylvi ada 16,04 persen, Ahok-Djarot 6,42 persen dan Anies-Sandiaga 72,01 persen.

Sedangkan untuk pemilih Jokowi yang memilih pasangan Agus-Sylvi sebesar 34,46 persen, Ahok-Djarot 54,3 persen dan Anies-Sandiaga 10,49 persen.

“Kita survei kita data kita sebar kuesioner, kan pertanyaannya ada dua, pertama anda pilih siapa saat Pilgub 2017 yang kedua dalam Pilpres 2014 anda memilih siapa lalu kita lihat kolerasinya. Dan ternyata pemilih Prabowo di Pilpres 2014 lebih solid dari pada pemilih Jokowi yang lebih cair di Pilgub 2017 nanti,” kata Igor.

Melihat realita saat ini, dukungan terhadap Paslon nomor urut tiga memang terus meningkat. Dukungan tersebut terlihat saat Kampanye Akbar Anies-Sandiaga di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2017). Pada momen tersebut, peserta yang hadir melampaui ekspektasi, dari target 60 ribu massa, tercatat 100 ribu orang yang memadati Lapangan Banteng.

“Kita bersyukur, bahwa makin hari makin banyak. Setelah proses pembandingan, mereka akhirnya pilih Anies-Sandi,” ujarnya usai menghadiri ulang tahun Gerindra di Kantor DPP Gerindra, Jalarta Selatan, Senin (6/2/2017) lalu.

Anies menambahkan, dukungan tersebut merupakan wujus kepercayaan warga Jakarta yang ingin perubahan di kotanya. “Dukungan dari warga Merupakan amanah bagi kami,” ucapnya.

Inisiator Indonesia Mengajar itu mengungkapkan, dukungan dari para relawan di tiap simpul pun meningkat drastis. “Alhamdulillah, kita bulan Januari speed-nya semakin tinggi dan kami merasa optimis sekali,” tandasnya. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Panen Dukungan dan Elektabilitas Meningkat, Pasangan Nur-Adhi Mulai Diisengin Lawan

Figure
Organization