Topic
Home / Berita / Nasional / Mantan Sekjen PKS Taufiq Ridlo Meninggal Dunia

Mantan Sekjen PKS Taufiq Ridlo Meninggal Dunia

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Periode 2013 – 2016, Muhammad Taufik Ridho

dakwatuna.com – Jakarta.  Kabar duka datang dari Keluarga besar Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Mantan Sekretaris Jenderal DPP PKS periode 2013-2016, Muhammad Taufik Ridlo dikabarkan wafat pada Senin (6/2/2017) dini hari.

Taufiq Ridho tengah menjalani perawatan sejak akhir bulan Januari di Rumah Sakit Cipto Mangubkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

Almarhum Taufik Ridlo dikenal sebagai kader PKS yang gigih dan banyak berjasa bagi perkembangan dakwah politik khususnya di Jawa Barat. Sempat menjadi Ketua Bidang Kepemudaan DPP PKS, Taufik Ridlo kemudian diangkat menjadi Sekjen DPP menggantikan Ustadz M. Anis Matta, yang menggantikan Luthfi Hasan Ishaaq sebagai Presiden PKS. Pada masa kepemimpinan Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Taufik kembali mendapat amanah sebagai Sekjen PKS.

Kepergian Sosok yang dikenal gigih ini membuat sejumlah tokoh merasakan kehilangan yang mendalam.

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman mengucapkan bela sungkawa yang mendalam dari segenap keluarga besar PKS.

“Saya atas nama pimpinan PKS mengucapkan bela sungkawa sahabat kita pejuang kita akhuna Taufik Ridlo,” ujar Sohibul saat melawat alrmarhum di Masjid Al-Amin, Kompleks DPR Kalibata Jakarta Selatan, Senin (6/2/2017)

Sohibul Iman meyakini seluruh kader sangat kehilangan sosok Taufik. Ia mengingat Taufik sebagai pribadi yang sangat bersemangat. Termasuk saat sedang diuji dengan sakit.

“Teringat bulan September beliau sangat bersemangat. Desember ketika saya jenguk beliau tetap semangat. Dan hari hari terakhir sangat bersemangat untuk menjalani operasi,” imbuh Sohibul.

Sohibul bersaksi sosok Taufik adalah aktivis dan dai yang tidak pernah melewatkan hari tanpa semangat dakwah. Kesibukan Taufik, Sohibul mengenang, adalah menggelorakan semangat kepada siapa saja.

Sementara itu, mantan Presiden PKS 2013-2015 Anis Matta menjadi salah satu orang yang kehilangan sosok Taufik Ridlo. Taufik mendapat amanah sebagai sekretaris jenderal DPP PKS saat Anis Matta dipiliih menjadi presiden PKS 2013 silam.

Anis mengenang Taufik sebagai dai yang tidak pernah berhenti berjuang. “Dia sebelum meninggal sempat menjenguk anaknya di Istanbul lalu mengisi ceramah di Malaysia,” ujar Anis mengenang.

Anis mengakui kedekatannya dengan Taufik membuat dirinya selalu menyebut almarhum dalam doanya. “Allah, aku mencintainya karena dia. Dia adalah mujahid, dia dai yang tak berhenti berjuang. Nama dia yang salah satu saya sebut dalam doa,” ungkap Anis.

Selain aktif di parpol, Pria yang lahir di Palu, Sulawesi, 2 Oktober 1964 ini adalah seorang pakar ekonomi Islam. Hal inilah yang membuatnya dipercaya menjadi anggota Dewan Syariah beberapa bank swasta berbasis syariat Islam.

Kepakaran Taufiq di dunia ekonomi Syariah diakui oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Iskan Qolba Lubis yang sangat mengenal baik sosok Taufik Ridlo. Taufik baginya sosok yang memiliki kepakaran ekonomi syariah laiknya Syafii Antonio.

“Saya mengenal sebelum anggota dewan. Beliau memiliki ilmu unik, mengenal perbankan syariah. Juga mengetahui ilmu perbankan secara teknik. Jarang ada yang menguasai ilmu seperti beliau. Kalau di Indonesia itu ada Ustad Syafii Antonio,” katanya menjelang .

Iskan menyebut Taufik adalah negarawan di bidang perbankan. “Bank nasional syariah akan sangat kehilangan sekali sosok beliau,” ungkapnya.

Selain itu Taufik adalah pegiat seni Islam. Banyak syair Islam telah ia ciptakan. Termasuk beberapa syair penyemangat untuk internal PKS. Almarhum Taufik Ridlo wafat meninggalkan istri dan tujuh orang anak. Semoga Allah SWT meninggikan almarhum dan menempatkannya sebagai ahli surga. (SaBah/pks.id/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

PKS Gencar Bantu Korban Gempa dan Tsunami Sulteng

Figure
Organization