Topic
Home / Berita / Internasional / PM Turki: Kami Perlu Dukungan Jerman Dalam Memerangi Terorisme

PM Turki: Kami Perlu Dukungan Jerman Dalam Memerangi Terorisme

PM. Turki Binali Yildirim. (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Ankara. Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim, mengatakan bahwa negaranya memerlukan dukungan yang besar dari Jerman dalam memerangi organisasi teroris, utamanya Jamaah Fethullah Gulen. Hal ini dikatakannya dalam koferensi pers bersama Kanselir Jerman, Angela Merkel, Kamis (02/02/2017) sore waktu setempat.

Yildirim menyebut bahwa organisasi teroris, termasuk Gulen, saat ini dengan bebas melakukan kegiatan di negara-negara Eropa. Yildirim juga memperingatkan bahwa hal itu akan menimbulkan ancaman bagi Eropa di masa mendatang.

Hubungan Turki-Jerman, menurut Yildirim, menjadi semakin penting setelah kunjungan Merkel ke Turki. Yildirim menegaskan untuk mewujudkan tujuan negaranya, yaitu menciptakan lingkungan yang bebas dari teror, diperlukan penguatan hubungan bilateral kedua negara di berbagai bidang.

Secara khusus, Yildirim menyebut pentingnya peran Jerman dalam membantu Turki memerangi teroris ISIS di Suriah dan Irak. Pembersihan wilayah tersebut dari ISIS, menurut Yildirim, merupakan tanggungjawab bersama seluruh masyarakat internasional.

Yildirim juga mengungkapkan harapannya bahwa hasil dari upaya bersama masyarakat internasional dalam membangun stabilitas di kawasan tersebut, akan terasa dalam waktu dekat.

Dalam pertemuan kali ini, masih menurut Yildirim, pihaknya dan Merkel membahas berbagai hal terkait hubungan bilateral kedua negara, dan berbagai isu seperti keamanan, ekonomi, dan langkah-langkah penguatan hubungan tersebut.

Sebagaimana dilaporkan, Kanselir Jerman, Angela Merkel, tiba di Turki pada Kamis (02/02/2017), dalam rangka kunjungan kerja. Ada berbagai agenda yang akan dilakukan Merkel, termasuk bertemu dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (whc/aa.com.tr/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

PM Turki Sebut Negaranya Jadi Harapan Kaum Tertindas dari Seluruh Dunia

Figure
Organization