Topic
Home / Berita / Internasional / Trump Kritik Intervensi Iran Terhadap Irak

Trump Kritik Intervensi Iran Terhadap Irak

Donald Trump mengatakan bahwa Iran terlalu jauh melakukan ekspansi terhadap Irak. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Teheran. Melalui akun twitter pribadinya, Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengkritik intervensi Iran atas Irak. Trump mengatakan bahwa Iran telah semakin jauh dalam melakukan ekspansi ke Irak, bahkan setelah Amerika menyia-nyiakan tiga triliun dolar, untuk waktu yang lama. Selasa, (02/02/2017).

Ekspansi Iran ini, menurut Trump, sangat jelas terlihat sejak waktu yang lama.

Sementara itu, direktur biro Al-Jazeera di Teheran, Abdul Qader Fayez mengatakan bahwa Iran menanggapi pernyataan yang keluar dari Washington tersebut dalam dua kontek. Pertama, penekanan bahwa kehadiran Teheran di Irak adalah atas permintaan pemerintah Irak. Juga tidak ada tuntutan dari Baghdad untuk mengubah kebijakan terhadap Irak. Serta Amerika, dalam tahap ini, adalah pihak yang terlalu berlebihan dalam bersikap.

Sedangkan yang kedua, sebagaimana laporan dari koresponden Al-Jazeera, bahwa Teheran menganggap masalah keamanan Iran ditentukan oleh Iran sendiri, bukan intervensi pihak asing.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa tak seorangpun yang dapat mengharap Iran untuk lebih fleksibel atau siap menurunkan intensitas terhadap permasalahan di Irak. Iran juga menganggap perkembangan yang terjadi di Irak sebagai masalah keamanan nasional.

Koresponden Al-Jazeera juga melaporkan bahwa Iran menganggap kebijakan AS di bawah presiden barunya terlalu tinggi, bahkan mengarah pada sebuah eskalasi. Sebaliknya, Teheran menegaskan tidak ingin meningkatkan eskalasi serupa. Pihaknya juga yakin dapat menemukan titik temu untuk berinteraksi dengan pemerintahan baru.

Sebelumnya, pada Rabu (01/02/2017) kemarin, AS juga melontarkan kritik atas uji coba rudal balistik yang dilakukan Iran. Hal itu, menurut AS, sebagai pelanggaran terhadap resolusi DK PBB, dan ancaman bagi sekutu Washington di wilayah tersebut. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization