Home / Berita / Internasional / Delegasi Gaza Mengunjungi Kairo

Delegasi Gaza Mengunjungi Kairo

Logo Hamas. (islammemo.cc)

dakwatuna.com – Gaza. Delegasi Kemanan Palestina meninggalkan jalur Gaza melalui perbatasan Rafah untuk menuju ibukota Mesir, Kairo, Selasa (31/01/2017).  Kunjungan ini dilakukan setelah sebelumnya Wakil Kepala Biro Politik Hamas, Ismail Haniyah, juga mengunjungi Mesir.

Salah seorang pimpinan Hamas mengatakan kepada aljazeera.net bahwa delegasi tersebut dipimpin oleh Wakil Menteri Dalam Negeri di Gaza, Tawfiq Abu Naim. Tambahnya, delegasi akan bertemu dengan para pejabat keamanan Mesir, guna membahas beberapa kesepahaman antara dua pihak. Di antaranya berkaitan dengan situasi keamanan di perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza, dan hal lain yang belum ditentukan.

Selain itu, menurut sumber dari Hamas tersebut, kunjungan ini merupakan rentetan dari kunjungan sebelumnya yang dilakukan oleh Wakil Kepala Biro Politik Hamas, Islamil Haniyah pekan lalu. Kunjungan Haniyah tersebut membahas beberapa hal, di antaranya perihal perbatasan Mesir dengan Jalur Gaza, dan mekanisme pembukaan gerbang perbatasan Rafah.

Sebagaimana dilaporkan, Ismail Haniyah tiba di Kairo – Mesir pada Senin, (23/01/2017) lalu, untuk bertemu dengan para pejabat Mesir. Haniyah kemudian menegaskan bahwa hubungan dengan Mesir merupakan hubungan yang berkualitas dan positif, yang akan membuahkan hasil pada masa-masa mendatang.

Lebih dari itu, Haniyah juga menjelaskan bahwa dirinya telah bersepakat dengan para pejabat Mesir untuk melanjutkan pertemuan dan konsultasi bersama di antara kedua belah pihak. Sedangkan pihak Hamas dalam pernyataan resminya mengatakan bahwa kunjungan delegasinya ke Mesir telah sukses dan membuahkan hasil.

Sebagaimana diketahui bahwa hubungan antara Hamas dengan pemerintahan Mesir sempat mengalami ketegangan signifikan pasca kudeta yang dialami oleh Presiden Mesir yang terpilih secara demokratis, Muhammad Mursi. (whc/aljazeera/dakwatuna)

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Sssttt… Ternyata Prajurit Zionis Takut Baku Tembak Lawan Warga Palestina

Organization