Home / Berita / Nasional / Ditemukan Buku Kisi-Kisi UN Bergambar Palu-Arit

Ditemukan Buku Kisi-Kisi UN Bergambar Palu-Arit

Palu-Arit
Buku Kisi-Kisi UN Bergambar Palu-Arit. (republika.co.id)

dakwatuna.com – Jawa Barat. Buku kisi-kisi Ujian Nasional bergambar Palu-Arit ditemukan di SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Gambar dengan motif palu arit ditemukan termuat dalam buku kisi-kisi ujian nasional halaman 16, dengan judul New Mentor: Rahasia Cerdas Membedah Kisi–Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 yang terdiri dari 170 halaman,” ujar  Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Yusri Yunus, Senin (23/1/2017), dilansir republika.co.id

Menurut dia, pada halaman 16 di bagian latihan soal, termuat sebuah teks tulisan berjudul “Announcing the Robert S Kenny Prize”. Tulisan itu dilengkapi dengan gambar palu arit di bawahnya dan dua buah soal pilihan di sampingnya. Tulisan tersebut dalam bahasa Inggris yang intinya menceritakan penghargaan kepada pejuang buruh dan marxis.

Buku diketahui diterbitkan dari tim penulis dari Mas Media Buana Pustaka, dengan editor Qurrota Ayuni. Adapun Pengadaan buku tersebut bersumber dari alokasi dana BOS SMA 1 Kecamatan Kawali. Berdasarkan penemuan tersebut, kepolisian beserta pihak terkait melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak sekolah untuk menarik peredaran buku tersebut dari siswa-siswi SMAN 1 Kawali kelas XII.

“Perlu kiranya melaksanakan Rapat Forkopimda dan Kominda dengan mengundang Disdik Ciamis untuk mengambil langkah konkret terkait dengan penemuan buku tersebut agar tidak berkembang menjadi isu nasional,” ujar Yusri memberikan saran ke pihak terkait.

Menyikapi hal tersebut, SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menarik 80 buku bergambar palu-arit yang telanjur dibagikan kepada siswa kelas III. Buku mata pelajaran bahasa Inggris tingkat SMA berjudul ‘New Mentor: Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN’ itu sudah dikembalikan ke distributor.

“Pihak sekolah sudah menyerahkan kembali kepada distributornya,” kata Yusri Yunus, Senin (23/1/2017), dikutip dari detikcom

Yusri mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dan komunikasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis, pembelian buku-buku tersebut murni berasal dari dana sekolah. Disdik Kabupaten Ciamis tidak terlibat dalam pengadaannya.

“Jadi pembelian buku itu bersumber dari dana komite (dana iuran siswa/siswi). Berdasarkan pengakuan pihak Disdik, tidak ada keterkaitan dengan pembelian buku oleh pihak SMA/SMK/MA,” ungkap dia.

“Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) juga tidak menginstruksikan pengadaan buku di tingkat SMA, karena sudah diserahkan ke sekolah masing-masing,” tambahnya.

Yusri menegaskan sejauh ini buku bergambar palu-arit itu hanya beredar di SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis. Namun pihaknya meminta masyarakat proaktif melaporkan jika menemukan buku serupa di sekolah-sekolah lainnya.

“Sejauh ini memang baru 80 buku yang ditarik, tapi tidak tertutup kemungkinan ada lagi. Kami minta masyarakat melapor kalau menemukan lagi,” ucap Yusri.  (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Menlu Oman Sebut Israel Salah Satu ‘Negara’ di Timur Tengah

Organization