Topic
Home / Berita / Nasional / Twitter Blokir Akun FPI dan Habib Rizieq, Berikut Penjelasannya

Twitter Blokir Akun FPI dan Habib Rizieq, Berikut Penjelasannya

dakwatuna.com – Jakarta.  Layanan jejaring sosial Twitter memblokir akun milik Habib Rizieq (@syihabrizieq) dan DPP FPI (@dpp_fpi) pada senin (16/1/2017).

Melalui pernyataan resminya, layanan jejaring sosial yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco,menjelaskan bahwa Twitter berperan sebagai platform global bersifat publik, di mana memiliki peraturan dan Terms of Services yang menjelaskan platform itu dapat memberikan manfaat sekaligus melindungi pengguna.

“Dalam rangka menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna di Twitter, kami dapat menangguhkan akun yang melanggar Peraturan Twitter. Penangguhan akun terjadi berdasarkan laporan-laporan yang kami terima dari pengguna melalui prosedur pelaporan pelanggaran yang kami miliki,” tulis Twitter Indonesia dalam pernyataan resminya yang dilansir liputan6.com

“Laporan-laporan yang masuk diproses secara seksama oleh tim kami di San Fransisco (Amerika Serikat) dan Dublin (Irlandia). Jika terbukti melanggar Peraturan Twitter, maka sebuah akun dapat ditangguhkan,” begitu bunyi lanjutannya.

Pihak Twitter Indonesia menambahkan, jika sebuah akun ditangguhkan, pengguna tersebut akan mendapat notifikasi dari Twitter. Pengguna terkait bisa mengajukan banding jika merasa tidak melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Twitter maupun Terms of Service.

“Pengguna dapat melakukan BRIM (Block, Report, Ignore, Mute) terhadap konten atau akun yang membuat mereka tidak nyaman. Kami berharap pengguna Indonesia tidak sungkan melaporkan akun atau konten yang tidak sesuai dengan Peraturan Twitter, demi terciptanya Twitter yang aman, nyaman, dan kondusif bagi seluruh pengguna,” tandas Twitter.

Seperti diberitakan detik.com, Pengguna Twitter memperbincangkan akun Twitter pemimpin organisasi Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang tidak bisa diakses sejak Senin (16/1/2017) pagi.

Akun dengan nama @syihabrizieq rupanya di-suspend atau ditangguhkan oleh Twitter. Hal ini terlihat dari pesan berbunyi: ‘This account has been suspended. Learn more about why Twitter suspends accounts, or return to your timeline’.

Tak hanya akun @syihabrizieq, pengguna Twitter juga melaporkan bahwa akun lain yang terkait dengan FPI, yakni @DPP_FPI dan @HumasFPI juga ikut disuspend. Pesan yang sama muncul ketika nama akun tersebut diklik.  (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Iran Serang Twitter karena Hapus Akun Pro-Pemerintah

Figure
Organization