Home / Berita / Internasional / Amerika / Turki Diprediksi Berhasil Atasi Kejatuhan Nilai Mata Uangnya

Turki Diprediksi Berhasil Atasi Kejatuhan Nilai Mata Uangnya

Lambang bank sentral Turki dan ilustrasi mata uang dolar AS (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Turki. Turki diprediksi mampu menangani volatilitas nilai mata uangnya, ditandai dengan rekor terendah nilai tukar lira terhadap dolar AS dan mata uang utama lainnya.

Sebagaimana diberitakan Anadolu Agency (12/1/2017), nilai tukar lira Turki ke dolar AS kembali menguat pada angka 3,81 pada Kamis kemarin setelah Bank Sentral Turki membatalkan lelang repo mingguannya.

Langkah itu diambil sehari setelah nilai tukar lira terhadap dolar terus melemah hingga mencapai rekor sejarahnya lebih dari 3,90.

Ekonom berbasis di London, Timothy Ash, mengatakan bahwa Turki mampu mengatasi tren depresiasi nilai lira dan masalah terkait melalui pengetatan kebijakan moneter untuk sementara waktu.

Menurutnya, nilai lira Turki bisa dikuatkan oleh bank sentral melalui kenaikan suku bunga untuk membendung tingkat volatilitas seperti yang dilakukan pada tahun 2014.

Dalam hal ini, nilai lira terhadap dolar mengalami depresiasi lebih dari 10 persen sejak 1 Januari, menimbulkan kecurigaan adanya manipulasi pasar, terutama perubahan nilai tukar secara ekstrem terjadi di pagi hari dan larut malam ketika likuiditas pasar terbatas.

Menurut William Jackson, ekonom senior di London, mengatakan bahwa faktor utama di balik depresiasi nilai lira adalah prospek pengetatan kebijakan moneter di AS.

Penyebab lainnya adalah faktor pelaku pasar Turki yang memprediksikan bank sentral tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat untuk membendung penurunan.

Sementara menurut meja redaksi Anadolu Agency di Ankara, fluktuasi kurs valuta asing di Turki saat ini dimanipulasi, terutama adanya arus keluar tajam dari sejumlah dana yang beroperasi di dalam dan di luar Turki. (rem/dakwatuna)

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid