Resmi Dibentuk, Berikut Susunan Pengurus Koperasi Syariah 212

Grand Launching Koperasi Syariah 212 di Masjid Andalusia, Kompleks STEI Tazkia, Sentul, Kabupaten Bogor, Jumat (6/1/2017). (fajaronline.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Koperasi Syariah 212 resmi diluncurkan di Masjid Andalusia, Kompleks STEI Tazkia, Sentul, Kabupaten Bogor, Jumat (6/1/2017).

Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Ustaz Bachtiar Nasir mengatakan, Koperasi Syariah 212 murni lahir atas aspirasi, insiasi, dan gerakkan umat yang sejalan dengan visi dan misi GNPF, yakni ekonomi yang berkeadilan. Apa yang selama ini dilakukan GNPF pun berawal dari aspirsi umat.

Bentuk koperasi dipilih karena ini perwujudan Pasal 33 UUD 1945. Koperasi Syariah 212 akan dikoordinasikan Dewan Ekonomi Syariah 212 yang dipimpin pakar ekonomi syariah, M. Syafi’i Antonio.

”Koperasi Syariah 212 ini salah satu dari gerakan umat. Pesantren juga akan membuat persyarikatan ekonomi. Akan ada guliran lanjutan,” kata Ustaz Bachtiar dalam Konferensi Pers yang dikutip dari republika.co.id

Sementara itu, Wakil Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majeli‎s Ulama Indonesia (GNPF MUI) Muhammad Zaitun Rasmin mengatakan, Koperasi Syariah 212 (KS212) merupakan lembaga keuangan umat.

Visi koperasi yang diinisiasi para pimpinan GNFP-MUI itu adalah memperkuat ekonomi umat.

Meski begitu, pimpinan GNPF MUI tidak masuk struktur organisasi.

“Kami cukup mengawasi dan tidak ingin terlibat di dalamnya. Kalau koperasi ini melenceng dari syariat Islam, kami baru bertindak. Namun, Insya Allah para pengurus KS212 semuanya amanah,” kata Zaitun, Minggu (8/1/2017).

Dia menambahkan, para pengurus KS212 adalah ulama dan ekonom. KS212 dijalankan sesuai aturan syariat Islam yang dikombinasikan dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut Susunan Pengurus Koperasi Syariah 212 (KS212) sebagaimana dilansir jpnn.com

Dewan Penasihat:

  1. K.H. Ma’ruf Amin (Ketua)
  2. K.H. Abdur Rosyid Syafi’i
  3. K.H. Abdullah Gymnastiar
  4. K.H. Arifin Ilham
  5. Prof. Dr. K.H. Didin Hafidhuddin, MSc

Dewan Pengawas Syariah:

  1. Dr. Anwar Abbas (Ketua)
  2. Dr. Kholil Navis

Dewan Pengawas:

  1. Prof. Anggito Abimanyu, PhD (Ketua)
  2. Dr. Ichsanuddin Noorsy, BSc, S.H., M.Si.
  3. Ir. Heppy Trenggono, M.Kom
  4. H. Asrul Azis Taba
  5. H. Jufri Sahroni

Dewan Pengurus:

  1. Dr. M. Syafi’i Antonio, MEc (Ketua)
  2. Valentino Dinsi, S.E., M.M., MBA (Wakil Ketua)

(SaBah/dakwatuna)

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...