Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Dubes Myanmar Ucapkan Terima Kasih Atas Bantuan Indonesia ke Rakhine

Dubes Myanmar Ucapkan Terima Kasih Atas Bantuan Indonesia ke Rakhine

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Negara Bagian Rakhine, Myanmar. (republika.co.id)

dakwatuna.com – Jakarta.  Duta Besar Myanmar untuk Indonesia Aung Htoo menyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Indonesia atas bantuan kemanusiaan yang dikirim ke Negara Bagian Rakhine.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih atas bantuan kemanusiaan yang diberikan pemerintah dan rakyat Indonesia, dan juga komitmen Indonesia untuk mendukung kami dalam menyelesaikan krisis ini,” kata Dubes Htoo di Jakarta, Jumat (30/12/2016) seperti dilansir republika.co.id

“Bantuan kemanusiaan itu setidaknya cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan bagi masyarakat rakhine selama satu bulan,” kata Htoo.

Selain itu, Dubes Htoo juga menyampaikan terima kasih atas dukungan diplomatik Indonesia kepada Myanmar selama menghadapi krisis di Rakhine.

Htoo mengatakan kunjungan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke Myanmar pada 6 Desember lalu dan bertemu langsung dengan Pemimpin Myanmar Aung San Suukyi telah memberikan kepercayaan diri pada negaranya untuk menyelesaikan krisis di Rakhine, salah satunya, melalui pembangunan yang inklusif.

“Anda tahu, ada banyak sekali berita palsu dan rumor yang berkembang, mereka bilang ada pembunuhan, pemerkosaan, genosida, dan lain-lain, tapi sebagian besar adalah tidak benar,” kata dia.

“Dan menteri luar negeri Anda bersedia datang dan berbicara langsung dengan orang-orang di sana (Rakhine), sehingga dia tahu apa yang sebenarnya terjadi di sana,” lanjut Htoo.

Pada Kamis (29/12/2016),  Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Myanmar melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

“Segera akan kita berangkatkan 10 kontainer barang-barang yang akan dikirim ke Myanmar untuk membantu saudara-saudara kita di Rakhine State, khususnya komunitas Muslim,” kata Jokowi di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (29/12/2016).

(baca: Kirim Bantuan untuk Rohingya, Jokowi: Kita Tunjukkan Kepedulian Tanpa Kegaduhan)

Jokowi mengatakan, bantuan yang dikirim tersebut merupakan bantuan yang memang diminta dan dibutuhkan oleh masyarakat di Rakhine State. Ini merupakan hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dengan pemerintah Myanmar. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Misi PBB: Militer Myanmar Bakar Anak Rohingya Hidup-Hidup

Organization