Topic
Home / Berita / Nasional / Kirim Bantuan untuk Rohingya, Jokowi: Kita Tunjukkan Kepedulian Tanpa Kegaduhan

Kirim Bantuan untuk Rohingya, Jokowi: Kita Tunjukkan Kepedulian Tanpa Kegaduhan

Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Myanmar melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Kamis (29/12/2016). (detik.com)

dakwatuna.com – Jakarta.   Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk pengungsi Rohingya di Myanmar melalui Dermaga III Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

“Segera akan kita berangkatkan 10 kontainer barang-barang yang akan dikirim ke Myanmar untuk membantu saudara-saudara kita di Rakhine State, khususnya komunitas Muslim,” kata Jokowi di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (29/12/2016) sebagaimana dilansir detikcom

Dikatakan Jokowi, pemerintah Indonesia telah melakukan diplomasi dengan tujuan untuk membantu masyarakat di Rakhine State. Diplomasi ini dilakukan tanpa menggunakan ‘megaphone diplomacy‘ alias gembar-gembor.

“Diplomasi Indonesia telah melakukan tugasnya. Kepedulian kita sudah kita tunjukkan tanpa kegaduhan. Dan kepedulian kita telah kita lakukan tanpa menggunakan megaphone diplomacy,” tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan, bantuan yang dikirim tersebut merupakan bantuan yang memang diminta dan dibutuhkan oleh masyarakat di Rakhine State. Ini merupakan hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi dengan pemerintah Myanmar.

“Barang-barang ini banyak berasal dari masyarakat, pengusaha dan pemerintah kita,” kata Jokowi.

Sebagaimana dilansir republika.co.id, Bantuan kemanusiaan itu sebanyak 10 kontainer yang terdiri dari satu kontainer berisi sarung, lima kontainer mi instan, tiga kontainer terigu dan satu kontainer biskuit atau cereal untuk makanan bayi. Bantuan itu dikirim oleh Pemerintah RI dalam hal ini Sekretariat Kabinet kepada Kementerian Luar Negeri Myanmar di Yangoon.

Hadir dalam acara pelepasan pengiriman bantuan itu antara lain Menlu Retno Marsudi, Mensesneg Pratikno, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan, Dirut PT Pelindo II Elvyn GM.  Sebelumnya Presiden Jokowi menyatakan Indonesia siap mengirimkan bantuan bagi warga Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar, yang sedang dilanda krisis kemanusiaan. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Organization