Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Berjuang Dapatkan Veto AS untuk Hadang Pembekuan Permukiman Yahudi

Israel Berjuang Dapatkan Veto AS untuk Hadang Pembekuan Permukiman Yahudi

Permukiman Yahudi di Palestina (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Palestina. PM Israel, Benjamin Netanyahu, berjuang mendapatkan veto AS atas rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB untuk membekukan pembangunan permukiman Yahudi di Palestina.

Sebagaimana diberitakan Aljazeera (22/12/2016), Netanyahu melalui akun media sosialnya menyatakan bahwa AS harus menggunakan hak vetonya untuk menggagalkan apa pun resolusi yang berbau anti-Israel.

Permintaan Israel itu muncul menjelang voting DK PBB atas rancangan resolusi yang diusulkan oleh Mesir yang berisi permintaan penghentian segera aktivitas pembangunan permukiman Yahudi di Palestina, termasuk di Jerusalem Timur.

Dalam usulan tersebut diungkapkan bahwa pembangunan permukiman Yahudi baru saat ini tidak legal dari sisi hukum internasional dan membahayakan usulan solusi dua negara untuk mengakhiri konflik di Palestina.

Menurut tentatifnya, anggota DK PBB akan melakukan voting atas rancangan tersebut pada Kamis ini (22/12/2016) pukul 15.00 petang waktu New York, dan belum ada informasi tentang bagaimana posisi AS atas usulan tersebut.

Sebelumnya pada tahun 2011, AS menggunakan hak vetonya atas usulan resolusi serupa yang menuntut penghentian pembangunan permukiman baru untuk warga Yahudi di Palestina.

Israel diketahui telah memperluas penjajahan atas Palestina dengan menduduki Tepi Barat pada tahun 1967, termasuk di dalam Jerusalem Timur.

Masyarakat internasional sejauh ini masih menganggap pembangunan permukiman Yahudi di Palestina sebagai langkah yang tidak legal, dan menilainya sebagai rintangan yang utama dalam upaya penyelesaian konflik.

Saat ini diperkirakan telah bermukim sekitar 400 ribu warga Yahudi di tengah 2,5 juta penduduk Palestina di Tepi Barat, sebagaimana sensus yang dirilis oleh penjajah Israel. (rem/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization