Home / Berita / Nasional / KH Idham Chalid Jadi Gambar Pecahan Rp5.000, Ketum PBNU: Memang Sudah Layak Hiasi Mata Uang

KH Idham Chalid Jadi Gambar Pecahan Rp5.000, Ketum PBNU: Memang Sudah Layak Hiasi Mata Uang

dakwatuna.com – Jakarta. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menilai pencantuman gambar KH Idham Cholid dalam uang pecahan Rp5.000 yang baru memang sudah layak.

[Baca: Ini 12 Pahlawan yang Tertera di Desain Rupiah yang Baru]

“Untuk mengabadikan jasa-jasa beliau. Memang sudah layak pahlawan dari NU menghiasai mata uang,” kata Said, seperti dilansir dari website resmi nu.or.id, Rabu (21/12/2016).

KH Idham Chalid, kata Said, memiliki jasa ketika meredam situasi nasional pada G 30 S PKI 1965.

“Sekitar tahun 1965. Ketika ada G 30 S, beliau memediasi semua pihak sehingga berjalan dengan tenang. Dan selalu, kalau ada persoalan, Pak Idham selalu jadi penengah,” tuturnya.

Sementara itu, seperti dilansir dari republika.co.id, anak dari KH Idham Chalid, Saiful Hadi, yang bekerja sebagai wartawan senior di kantor berita Antara menuturkan, dirinya telah dihubungi pihak pemerintah bahwa wajah ayahnya akan menjadi salah satu yang dipakai dalam desain uang kertas rupiah yang baru. Namun, dirinya memilih untuk diam dan tidak mengumumkan hal tersebut, hingga akhirnya pemerintah sendiri yang mengumumkan.

KH Idham Chalid adalah Putra Kalimantan. Dia sempat menjabat sebagai ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama periode 1956 hingga 1984. KH Idham Chalid juga Sempat menjabat sebagai ketua DPR, ketua MPR, dan wakil perdana menteri. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Preteks Pada Viralitas Video UAS

Organization