Topic
Home / Berita / Nasional / Presiden Jokowi Kembali Berlakukan Ujian Nasional

Presiden Jokowi Kembali Berlakukan Ujian Nasional

Presiden Joko Widodo (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan kembali memberlakukan ujian nasional (UN) pada 2017, dengan beberapa penyempurnaan. Keputusan ini diambil dengan harapan siswa di Indonesia dapat bersaing di dunia internasional.

“Presiden betul-betul menginginkan agar siswa kita bukan hanya menjadi petarung pada tingkat lokal saja, tetapi juga bisa bersaing pada tingkat internasional. Maka untuk itu UN tetap dijalankan,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung, seperti yang dilansir dari liputan6.com, Senin (19/12/2016).

Pramono berdalih, bila UN tidak dijalankan maka akan ada kesenjangan sosial yang muncul terutama antara sekolah di Jawa dan luar Jawa.

Sementara itu, seperti yang dilansir dari Republika.co.id, Senin (19/12/2016), menghapus UN sebenarnya adalah janji kampanye Jokowi pada 2014 lalu.

Pada 10 Juni 2014 Jokowi berjanji dihadapan ribuan guru di Hermes Palace, Medan. Jokowi mengatakan akan menghapus UN untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) UN tetap ada tapi bukan patokan kelulusan melainkan untuk pemetaan kualitas pendidikan saja. (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization