Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Kami Muslim Papua, Bisakah Kami Dibuatkan Desain Masjid 15 x 15 M?

Kami Muslim Papua, Bisakah Kami Dibuatkan Desain Masjid 15 x 15 M?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – 

Pertanyaan:

Assalaamua’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com , kami dari pesantren Darul Fikri mengucapkan terima kasih atas up date kegiatan kami di situs dakwatuna.com saat aksi 212. Karena kenyataan nya memang tidak ada bis yang mau memberangkatkan kami ke Monas saat itu, maka saat itu kami putuskan untuk berjalan kaki.

https://www.dakwatuna.com/2016/12/01/83939/2000-warga-cikarang-jalan-kaki-menuju-monas-aksi-bela-islam-iii/#axzz4SETRSfNw

Pak Andan, kini kami sedang berusaha membantu Ust. Fadhlan Garamatan untuk membangun Masjid di Papua. Bekerja sama dengan Yayasan Alfatih Kaaffah Nusantara kita akan membangun Masjid dengan ukuran bangunan utama 15 x 15 M. Dengan teras di kanan dan kiri nya selebar 2,5 meter. Lalu kamar mandi dan wudhu ada di sayap kiri dan kanan.

Demikian permohonan kami. Terima kasih atas bantuan Pak Andan, jazakumullah khoiron katsiiron

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Kamal – Darul Fikri Cikarang

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullahi wa barakaatuh

Pak Kamal di Cikarang, alhamdulillah ukhuwah yang kita bisa selama ini senantiasa terjaga. Semoga gerak langkah dakwah kita senantiasa terjaga pula keikhlasan nya. Saya turut bangga dengan warga Cikarang. Ikut menyambut langkah teman – teman di Ciamis. Semoga segenap jerih payah dalam perjuangan ini mendapat ridha Allah.

Pak Kamal, saya coba buat desain yang sederhana. Agar aplikasi nya mudah dan murah. Hingga sahabat sekaligus guru kita Ust. Fadhlan Garamatan mudah membangunnya di Papua sana. Untuk itu saya buat gambar nya dengan atap limas dan ujung nya ada kubah kecil.

Warna saya buat hijau, agar lebih mudah menjadi ciri bangunan masjid. Di tambah dengan gerbang masjid yang berbentuk gapura melengkung hingga bisa meletakkan papan nama masjid. Selain itu area ini juga bisa berfungsi sebagai teras depan masjid. Kegunaan nya biasanya untuk tempat penitipan sepatu saat shalat Jumat atau teras buat duduk – duduk jamaah yang sedang santai di luar.

Kamar mandi atap nya saya buat dengan dak beton saja. Agar multi fungsi. Bisa di gunakan untuk tangki air , bisa juga buat tempat jatuh nya air kucuran atap, atau bahkan bisa berubah fungsi kelak jadi bordes tangga jika suatu saat masjid di ubah menjadi 2 lantai.

Netters dakwatuna sekalian, ciri ornamen islami  saya letakkan pada tiang – tiang masjid. Jika memang ternyata dana cukup bisa di buat profil dengan model ‘islamic design’. Dengan kamar mandi dan wudhu di kiri kanan serta teras yang cukup lebar maka masjid ini cukup menjadi ikon di daerah Papua.

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST  –  0813 496 5742 ( wa only )

0817 496 5742 ( sms only )

Kirimkan email order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

Advertisements

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Andai Ini Adalah Ramadhan Terakhir Bagiku

Organization