Topic
Home / Berita / Nasional / Innalillahi, Mantan Menkeu Marie Muhammad Meninggal Dunia

Innalillahi, Mantan Menkeu Marie Muhammad Meninggal Dunia

Marie Muhammad, Mantan Menteri Keuangan RI Meninggal di RS Otak Nasional, Ahad (11/12/2016). (cnnindonesia.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Mantan Menteri Keuangan RI era Orde Baru, Marie Muhammad dikabarkan meninggal dunia pada hari Minggu (11/12/2016) dini hari, sekitar pukul 01.30 WIB di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Jakarta.

“Innalillahi wainnalillahi rojiun telah meninggal dunia papa kami, diddy kami Mar’ie Muhammad, sekitar pukul 01.30. Mohon dimaafkan segala dosa dan kesalahan Almarhum selama ini dan semoga semua amal ibadah beliau bisa diterima disisi-Nya. Amin,” kata menantu Mar’ie Muhammad, Zainal Irwan, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Mar’ie mengembuskan nafas terakhir di usia 77 tahun. Sebelumnya, sejak pertengahan November lalu, Mar’ie sudah dirawat di RS Pusat Otak Nasional, namun keluarga enggan memberitahukan penyakit yang diderita menteri era presiden Soeharto itu.

Ucapan belasungkawa datang dari berbagai kalangan, diantaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Menurut dia, Marie merupakan salah satu putra bangsa terbaik yang sangat berjasa dalam membangun Indonesia, khususnya Kementerian Keuangan dan Direktorat Jendral Pajak.

“Sumbangan terbesar beliau adalah kepemimpinan dan komitmen beliau untuk membangun institusi yang bersih dari korupsi dan konflik kepentingan,” ujar Sri Mulyani, Ahad (11/12/2016) dikutip dari republika.co.id.

Ucapan duka juga datang dari Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris di akun twitter-nya mengucapkan bela sungkawa atas wafatnya menteri yang pernah dijuluki Mr Clean tersebut.

“Semoga alm Bp Mar’ie Muhammad khusnul khotimah, diterima semua amal ibadahnya, serta mendapatkan tempat terbaik di Surga nanti, AamiinYRA,” tulisnya.


Mar’ie Muhammad lahir di Surabaya 3 April 1939. Dia diberi gelar ‘Mr. Clean’ karena perjuangannya memberantas korupsi di lingkungan keuangan. Ia juga berupaya meningkatkan efisiensi dan membersihkan institusi dari pegawai yang korup.

Sebelum menjadi Menkeu, lulusan Master of Arts In Economics, Universitas Indonesia itu mengabdi sebagai Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan RI (1969 – 1972). Kemudian dia menjabat sebagai Direktur di Direktorat Jenderal Pembinaan BUMN Departemen Keuangan RI (1972-1988).

Kariernya berlanjut di Direktorat Jenderal Pajak, Departemen Keuangan sebagai Direktur Jenderal (1988-1993 ), dan diangkat menjadi Menteri Keuangan Kabinet Pembangungan VI (1993-1998).

Selama menjadi menteri, banyak gebrakan yang dilakukan Mar’ie diantaranya, menolak dana taktis dan anggaran perjalanan dinas yang dinilai terlalu besar.

Gerakan bersih Mar’ie sempat mengantarkan Indonesia menjadi pelopor di Asia Tenggara dalam bidang perekonomian, di awal 1997.

Paripurna sebagai menteri, Mar’ie tercatat pernah menjadi Ketua Oversight Committee (OC) BPPN, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Ketua Komite Kemanusiaan Indonesia (KKI), Ketua Masyarakat Transparansi Indonesia (MTI), dan komisaris utama PT Bank Syariah Mega Indonesia. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization