Topic
Home / Narasi Islam / Sosial / Keuntungan Orang yang Gemar Bersedekah

Keuntungan Orang yang Gemar Bersedekah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
sedekah
ilustrasi.

dakwatuna.com –  Sedekah merupakan kegiatan yang dicintai oleh Allah Swt dan Rasulullah Saw, bukan hanya karena perintah sedekah ada di dalam Al-Quran, namun juga di dalam sedekah banyak sekali mengandung manfaat baik bagi kita yang bersedekah, ataupun untuk orang lain yang menerimanya. sedekah tidak hanya berarti mengeluarkan atau menyumbangkan harta. Namun sedekah mencakup segala amal atau perbuatan baik. Dalam sebuah hadis digambarkan,

“Memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.”

Sedekah diibaratkan seperti air. Dimana air yang mengalir lebih menyegarkan dan menyehatkan dibandingkan air yang tidak mengalir yang lama kelamaan akan kotor, berbau dan menimbulkan penyakit. Sama halnya dengan harta kita, apabila kita menyedekahkannya di jalan Allah, maka sedekah itu akan membersihkan harta dan rezeki yang kita miliki, dan apabila kita menimbun dan tidak menyedekahkannya, maka harta itu akan menjadi penyakit bagi diri kita. Penyakit itu bisa berupa kesulitan dalam hidup, rezeki, usaha, bisnis, jodoh dan musibah lainnya. Berikut beberapa keutamaan sedekah diantaranya :

  1. Dilipat gandakan pahalanya oleh Allah Swt
  2. Sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa
  3. Dapat memadamkan panasnya alam kubur
  4. Sedekah dapat mengobati penyakit
  5. Sedekah menambah harta kekayaan
  6. Sedekah memperpanjang usia/umur

Dengan bersedekah, bukan hanya bisa membersihkan rezeki dan harta, tetapi juga dapat melipat gandakan pahala kita oleh Allah Swt. Seperti firman Allah Swt,

Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak“. (QS. Al-Hadid: 18)

Dari ayat diatas, telah dijelaskan bahwa Allah Swt akan melipat gandakan pahala bagi siapa saja yang menyedekahkan hartanya dijalan Allah Swt, kita hanya perlu memberikan harta kita dijalan Allah, dan Allah Swt membalas dengan pahala yang banyak.

Selain itu, dengan kita bersedekah, maka itu akan menghapuskan dosa-dosa yang kita miliki, seperti sabda Rasulullah Saw,

Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api“.(HR. At-Tirmidzi).

Sungguh luar biasa kekuasaan Allah Swt, dengan kita bersedekah, maka Allah Swt akan menghapuskan dosa-dosa kita yang begitu banyaknya dengan mudah, layaknya air memadamkan api. Namun tidak semua sedekah dapat menghapuskan dosa, karena jika harta yang kita sedekahkan itu diperoleh dari hasil riba ataupun perbuatan maksiat tentu tidak akan menghapuskan dosa-dosa yang kita miliki. Dan bukan berarti dosa-dosa itu akan terhapuskan begitu saja tanpa disertai dengan taubat dan perbuatan yang baik.

Dan siapa sangka bahwa dengan bersedekah akan menyembuhkan penyakit. Tapi itu memang benar adanya, seperti sabda Rasulullah Saw,

”Dari Ibnu Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,” jagalah harta kalian dengan zakat, obatilah orang yang sakit di antara kalian dengan sedekah dan tolaklah bala’ dengan doa”.

Dengan bersedekah Insya Allah akan menyembuhkan berbagai penyakit hati, karena sedekah itu dapat membersihkan hati dan pikiran, dan atas seizin-Nya Allah akan menyembuhkan penyakit-penyakit orang-orang yang gemar bersedekah.

Itu baru sebagian kecil keuntungan yang Allah Swt berikan kepada kita, masih banyak lagi keuntungan-keuntungan yang akan Allah berikan apabila kita bersedekah dijalan Allah Swt. Namun alangkah baiknya jika kita meniatkan sedekah itu semata-mata hanya karena Allah Swt semata. Boleh saja kita mengharapkan keuntungan-keuntungan tersebut, yaitu mengharapkan harta yang banyak, menyembuhkan penyakit dan lain sebagainya, namun jika itu semua tak kunjung juga diberikan, ikhlaskanlah. Karena pada hakikatnya hidup dan mati kita semata-mata hanyalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Maka jadikanlah sedekah kita dan apapun yang kita lakukan sebagai suatu bentuk syukur kita pada Allah, dan sebagai bentuk cinta kita kepada Allah dan Rasulnya. Niscaya keuntungan-keuntungan itu akan menghampiri diri kita dengan sendirinya.

Wallahu A’lam Bishawab. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Saat ini sedang menempuh pendidikan di STEI SEBI Depok. Mulai menulis karena menyadari bahwa kita semua berhak berkarya, berhak mengeluarkan pemikiran kita terhadap apa yang sedang terjadi di masa sekarang, dan juga membuat karya tulis termasuk salah satu kewajiban beasiswa, di mana setiap semesternya harus mempublikasikan minimal 2 karya tulis. Untuk saat ini sedang sibuk dalam kegiatan tahsin, tahfiz, mentoring, SEBI Solidarity of Palestin, dan juga mengajar di SEBI mengajar.

Lihat Juga

Hilangkan Prasangka Buruk Terhadap Orang Lain

Figure
Organization