Home / Berita / Internasional / Afrika / Vonis Mati Presiden Mursi Dianulir

Vonis Mati Presiden Mursi Dianulir

Presiden Mursi. (aljazeera.net)
Presiden Mursi. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Kairo. Pengadilan Kasasi Mesir menganulir hukuman mati dan penjara seumur hidup atas presiden terkudeta Mesir, Muhammad Mursi. Putusan ini juga berlaku bagi sejumlah pimpinan Jamaah Ikhwanul Muslimin yang divonis atas tuduhan perusakan penjara pada demonstrasi Januari 2011. Putusan juga menyebutkan bahwa persidangan atas mereka akan diulang. Sebelumnya pengadilan pidana menjatuhkan vonis mati atas Presiden Mursi pada tanggal 16/06/2015 lalu.

Kasus yang dihadapkan kepada Presiden Mursi dan pimpinan Ikhwanul Muslimin adalah perusakan penjara dan melarikan tahanan. Peristiwa itu terjadi saat demonstrasi yang berujung pada penggulingan mantan presiden Housni Mubarak tahun 2011 lalu.

Sejauh ini Presiden Mursi telah menjalani persidangan untuk lima tuduhan kasus berbeda. Di antaranya pembocoran dokumen negara kepada Qatar dan pihak asing lainnya, dan penghinaan terhadap pengadilan.

Presiden Mursi juga telah menerima vonis-vonis kurungan penjara untuk waktu yang lama. Di antaranya hukuman penjara 20 tahun untuk tuduhan peristiwa istana kepresidenan ‘Al-Ittihadiyah’ yang memakan beberapa orang korban meninggal, kebanyakannya dari pendukungnya sendiri. (wiliam/msa/aljazeera/dakwatuna.com)

Advertisements

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...
William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma'had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma'had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Sidang Darurat OKI Bahas Masjid Al-Aqsha Resmi Dibuka