Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Tanah 7 X 12, Bisa Tidak Dibuat Rumah 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur?

Tanah 7 X 12, Bisa Tidak Dibuat Rumah 1 Lantai dengan 3 Kamar Tidur?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

imror-rembang-ds-1-view-1dakwatuna.com

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh,

Pak  Andan di dakwatuna.com,  tanah saya ukuran 7 x 12 m. Saya tidak ingin rumah tingkat.  Rencana nya ingin ada 3 kamar tidur. Cukup tidak ya Pak Andan?

Saya ingin ada Kamar tidur utama yang ada wc didalamnya,  lalu ada juga wc untuk umum, dapur , carport , ruang tamu , ruang cuci jemur, teras depan dan belakang , taman dan ruang makan serta ruang keluarga.

Kondisi dan ukuran tanah saya kirim via wa Pak Andan. Saya sering ada pengajian. Jadi ingin rumah nya terasa lapang. Lalu  akses masuk nya mudah karena sebenar nya berada di jalan buntu. Namun ada gang kecil di muka rumah.

Demikian pertanyaannya Pak Andan. Terima kasih atas tanggapan nya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Imror

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Imror yang saya hormati. Jazakallah atas akses nya. Semoga silaturahim kita di berkahi Allah. Semoga netters sekalian juga senantiasa mendapat keberkahan dari Allah.

Untuk tanah 7 x 12 m memang cukup kecil jika harus dibangun 1 lantai untuk kebutuhan tersebut. Namun kita dapat mengatur nya dengan cara membuat ruang tengah yang lapang. Kemudian meletakkan semua kamar tidur di sisi kanan bangunan dan service area di sisi kiri bangunan.

Dengan service area yang menerus langsung ke jalan buntu maka manuver mobil menjadi mudah. Karena jalan gang di muka rumah tentu sulit di akses dan akan membuat tidak nyaman tetangga sekitar.

Ruang tengah insya Allah tidak gelap, karena saya masih menyisakan ruang kecil untuk bukaan hawa ke atas  di dekat kamar mandi umum. Lalu sumber hawa juga berasal dari taman di belakang yang juga berhubungan dengan ruang cuci jemur. Nah, inilah sumber sirkulasi udara dan cahaya bagi rumah kecil ini.

Dengan pola ini maka kita bisa membuat teras yang nyaman di depan dan di belakang. Teras depan jelas bisa sekali dimanfaatkan juga untuk pengajian. Bahkan bisa menerus juga ke carport. Karena area ini bisa saling berhubungan.

Untuk privacy saya dapat dengan leluasa meletakkan kamar tidur utama di belakang. Dekat dengan taman. Hingga kamar mandi utama juga ikut mendapat cahaya segar dari arah ini.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat desain ini. Dan semoga kita semakin sadar, bahwa membuat desain dulu sebelum membangun harus di utamakan. Karena sering kali saya temukan di lapangan pembangunan dilaksanakan tanpa bantuan desain.

Hingga sering terjadi pemahaman yang salah. Seperti semakin tinggi plafond maka ruangan dianggap tambah sejuk,  genteng flat atau datar dianggap lebih bagus dan indah, plamir dinding pada seluruh tembok ruangan agar cat lebih hemat, atap dak beton dianggap lebih bagus dibanding atap genteng dan lain sebagainya. Padahal pemahaman  di atas adalah pemahaman yang kurang tepat.

Untuk itulah sebaiknya pergi ke arsitek dulu jika ingin membangun rumah.  Fee desain yang harus dikeluarkan tidak seberapa dibandingkan jika ternyata pembangunan nya salah dan tidak sesuai dengan teori bangunan.

Demikian penjelasan saya. Mohon maaf jika ada hal – hal yang kurang berkenan. Sampai jumpa pada edisi konsultasi arsitektur berikut nya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

 

Andan Nadriasta, ST – 0813 1901 0400 ( wa only ) ; 0817 496 57 42 ( sms only )

Kirimkan email order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

imror-rembang-denah-ds-1-site-planimror-rembang-ds-1-interior-view-1imror-rembang-ds-1-interior-view-2imror-rembang-ds-1-view-7imror-rembang-ds-1-view-5imror-rembang-ds-1-view-3imror-rembang-ds-1-view-2imror-rembang-ds-1-view-1

Advertisements

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

(Foto) Rakyat Palestina Rayakan Kemenangan