Topic
Home / Narasi Islam / Resensi Buku / Membongkar Rahasia Bank Syariah

Membongkar Rahasia Bank Syariah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

cover-buku-membongkar-bank-syariahdakwatuna.com –

Judul buku: Membongkar Rahasia Bank Syariah
Penulis : Ahmad Ifham Sholihin
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Pertama
Tebal: 141 halaman
Harga: Rp. 50.000,00
Tahun Terbit: Oktober 2016

Buku ini membongkar dengan tuntas apa saja yang ada didalam bank syariah.. Cocok untuk dibaca oleh masyarakat yang ingin mempelajari perbankan syariah, yang memang masih jarang diketahui oleh masyarakat. Buku ini ditulis oleh seorang ahli ekonomi syariah yang bernama Ahmad Ifham Sholihin. Perbankan syariah saat ini sedang berkembang dengan pesat, sehingga peminatnya pun semakin bertambah. Oleh karena itu pemahaman mengenai perbankan syariah sangat diperlukan, dimana dalam buku ini pemahaman itu mudah didapatkan. Buku ini membongkar rahasia bank syariah dari sisi logika fiqih yang paling sederhana, seperti logika istilah dagang, logika definisi dagang, serta logika risiko dagang, yang selama ini belum disadari oleh lebih dari 95% pelaku perbankan. Buku ini membuktikan bahwa bank syariah sudah ditata sesuai dengan logika dagang yang masuk akal secara legal formal sesuai hukum syariat dan hukum positif di Indonesia.

Gaya bahasa yang digunakan dalam buku ini menggunakan bahasa yang komunikatif, dengan gaya penulisan yang khas, menggunakan penekanan yang mencolok pada tulisan yang penting sehingga pesan yang ingin disampaikan penulis mudah dipahami oleh pembaca.

Beberapa keunggulan yang dimiliki buku ini diantaranya adalah metode penyampaian yang komunikatif, praktikal sesuai dengan logika masyarakat sehingga mudah diterima oleh pembaca. Selain itu, setiap poin yang ada pada bab dalam buku ini dijelaskan secara rinci, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan dalam perbankan syariah. Sesuai dengan tujuan ditulisnya buku ini, yaitu untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bank syariah. Pemilihan kata dalam judul buku juga menjadi nilai tambah untuk menarik minat pembaca yang mencari buku referensi untuk perbankan syariah.

Namun, ada beberapa kelemahan yang dimiliki buku ini, yaitu kurangnya ilustrasi gambar, sehingga buku terkesan membosankan untuk pembaca yang menyukai gambar, dan kurangnya penjelasan poin-poin yang diberikan dalam daftar isi sehingga susah bagi pembaca untuk mencari kasus-kasus tertentu yang ingin dibahas dalam buku.

Pendek kata, buku ini layak untuk dibaca karena berisi pemahaman yang sesuai dengan logika, tidak bertele-tele, cocok untuk para pemula yang ingin mempelajari perbankan syariah. Dilengkapi dengan contoh kasus yang sesuai dengan pembahasan dan benar benar terjadi di masyarakat. Setelah membaca buku ini, pembaca diharapkan dapat memahami kunci rahasia perbankan syariah, dan menguasai perbankan syariah dengan baik sehingga mampu membedakan antara bank syariah dengan bank konvensional. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Lahir pada bulan Agustus 1996, sekarang mencari ilmu Ekonomi Syariah di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang. Alamat asal di Sidoarjo, namun sekarang tinggal di Malang.

Lihat Juga

Fintech Bagi Muslim

Figure
Organization