Topic
Home / Berita / Internasional / Afrika / Jelang Tanggal 11/11, Isu Demonstrasi Anti As-Sisi Menyeruak Di Mesir

Jelang Tanggal 11/11, Isu Demonstrasi Anti As-Sisi Menyeruak Di Mesir

Demonstrasi kecil terjadi menjelasang aksi besar tanggal 11/11/2016. (egyptwindownet)
Demonstrasi kecil terjadi menjelasang aksi besar tanggal 11/11/2016. (egyptwindownet)

dakwatuna.com – Kairo. Puluhan warga Mesir melakukan aksi demonstrasi di Lapangan Ramsis, pusat kota Kairo. Mereka sudah berani turun ke jalan pusat kota dan berupaya menghentikan arus lalu lintas yang sedang berjalan. Lalu meneriakkan protes keras terhadap rezim kudeta yang memperburuk perekonomian Mesir saat ini.

Mendapati aksi seperti ini, aparat keamanan kudeta langsung mengambil tindakan dengan membubarkan aksi tersebut.

Perlu diketahui bahwa kondisi ekonomi Mesir hingga kini terus memburuk, terhitung sejak kudeta berdarah yang ditunggangi militer terjadi pada 3 Juli 2013 lalu. Kondisi ini memaksa orang-orang yang dulu mendukung As-Sisi, kini justru menyeru agar rakyat kembali turun ke jalan. Mereka berencana mengadakan demonstrasi besar pada tanggal 11/11 (November) mendatang untuk menggulingkan rezim militer yang tengah berkuasa.

Aksi seperti ini mengingatkan kembali dengan kondisi Mesir menjelang revolusi 11 Januari 2011, dimana sejumlah rakyat sipil turun ke jalan, dan langsung ditindak oleh aparat keamanan. Aksi yang semula dilakukan segelintir orang itu kemudian bak bola salju, hingga jutaan rakyat Mesir pada tanggal 28 Januari turun ke jalan dan menuntut turunnya Husni Mubarok yang kala itu sudah berkuasa selama 30 tahun. (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Mursyid Ikhwanul Muslimin Divonis Hukuman Seumur Hidup

Figure
Organization