Home / Berita / Nasional / MUI Meminta Agar Jangan Membelokkan Tujuan Aksi 4 November dengan Isu Lain

MUI Meminta Agar Jangan Membelokkan Tujuan Aksi 4 November dengan Isu Lain

Aksi Damai murni gerakan umat untuk menuntut dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (tempo.co)
Aksi Damai murni gerakan umat untuk menuntut dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (tempo.co)

dakwatuna.com – Jakarta.  Majelis Ulama Indonesia (MUI) sangat menyesalkan terjadinya tindakan sekelompok oknum pada aksi Bela Islam II pada 4 November kemari. Sebab, aksi yang sejak awal berjalan damai, tertib dan lancar, akhirnya berakhir dengan kericuhan.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kerusuhan itu terjadi karena ulah aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi.

Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan demo aksi damai yang dilakukan oleh berbagai komponen umat Islam adalah murni gerakan umat untuk menuntut dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

“Jadi MUI tidak memiliki kemampuan untuk menilai apakah demo tersebut ditunggangi oleh pihak tertentu atau tidak,” ujarnya kepada Republika.co.id, Sabtu (5/11/2016).

Zainut mengajak semua komponen fokus dengan tuntutan umat Islam yakni berkaitan dengan masalah penistaan Alquran. Pihaknya juga meminta pihak kepolisian segera memprosesnya sehingga umat Islam merasa mendapatkan keadilan yang sebagaimana yang menjadi tuntutannya.

“Jangan malah isunya dibelokkan ke hal lain sehingga bias dan akhirnya umat Islam lupa terhadap kasus yang sebenarnya,” kata Zainut.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menuding ada aktor politik di balik kerusuhan tersebut.

“Kita lihat, itu telah ditunggangi oleh aktor-aktor politik yang memanfaatkan situasi,” ujar Presiden Joko Widodo seusai rapat koordinasi di Istana Kepresidenan, Sabtu dini hari, (5/11/2016), dikutip dari tempo.co.

Presiden Joko Widodo tidak menjelaskan lebih lanjut siapa aktor politik yang ia tuding itu. Ia melanjutkan pernyataannya dengan menyesalkan bahwa aktor politik itu telah membuat demonstrasi yang seharusnya berakhir damai menjadi ricuh dan berdampak ke daerah lain. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Sssttt… Ternyata Prajurit Zionis Takut Baku Tembak Lawan Warga Palestina

Figure
Organization