Topic
Home / Berita / Nasional / Dua Pekan Lagi, Polri Akan Melakukan Gelar Perkara Kasus Ahok

Dua Pekan Lagi, Polri Akan Melakukan Gelar Perkara Kasus Ahok

Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli. (teropongsenayan.com)
Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli. (teropongsenayan.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan dilakukan dalam dua minggu ke depan. Hal tersebut disampaikan oleh Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli di Mabes Polri Jakarta, Sabtu (5/1/2016)

Aman mengatakan penyidik akan melakukan gelar perkara

Boy menjelaskan bahwa hal tersebut sesuai janji Kapolri Tito Karnavian saat bertemu perwakilan pendemo bela Islam II, Jumat (4/11/2016). Saat pertemuan tersebut Kapolri telah mengatakan akan menuntaskan kasus Ahok dalam dua minggu ke depan.

Gelar perkara sendiri merupakan salah satu proses yang akan dilakukan oleh penyidik. “Dua minggu itu diwarnai gelar perkara untuk menentukan status hukum terlapor,” katan Boy sebagaimana dilansir republika.co.id.

Lebih lanjut boy mengatakan, Penyidik harus menuntaskan pemeriksaan terhadap saksi ahli dalam dua minggu ke depan. Penyidik akan memintai keterangan saksi ahli agama, bahasa dan hukum pidana. Rencananya, penyidik akan memeriksa saksi ahli pada Selasa dan Rabu mendatang. Sementara Ahok akan diperiksa Senin depan.

Boy mengungkapkan, terdapat sembilan saksi ahli yang akan dimintai keterangan. Sedangkan saksi pelapor sebanyak 13 orang. Pasalnya, sebanyak 11 laporan diterima polri terkait kasus ini. “Sambil menunggu proses hukum, mari sama-sama bangun kesadaran hukum,” ujarnya.

Apa yang disampaikan Boy senada dengan pernyataan Wakil Presiden Yusuf Kalla ketika menerima  delegasi Gerakan Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GPF-MUI).

Ustadz Arifin Ilham  yang turut hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan, Wapres Jusuf Kalla meminta waktu dua pekan untuk menyelesaikan kasus penistaan agama yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Pak Yusuf kalla janji sampai beliau bersumpah di depan Arifin, demi Allah akan menyelesaikan kasus ahok secara tegas dan keras dan minta waktu 2 minggu,” kata Ustadz Arifin. (baca: Jusuf Kalla Minta Waktu 2 Pekan Selesaikan Kasus Penistaan Agama yang Dilakukan Ahok)

Selain itu, Ustadz Arifin menambahkan, Kapolri juga meminta waktu dan berjanji akan menindaklanjuti tuntutan dari para peserta aksi yang menginginkan Ahok diproses secara hukum.

“Dan pak kapolri berjanji untuk menyelesaikannya insya Allah. Kita tunggu saja ikhwah fillah doakan, sabar itu akan bawa kemenangan,” pungkas Ustadz Arifin. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Rutan Mako Brimob Terkendali, DPD Beri Doa dan Apresiasi Buat Polri

Figure
Organization