Topic
Home / Berita / Silaturahim / FORKOMMI Gelar Talkshow Hijrah Rosulullah SAW dan Pembentukan Karakter Pribadi Pemimpin Masa Depan

FORKOMMI Gelar Talkshow Hijrah Rosulullah SAW dan Pembentukan Karakter Pribadi Pemimpin Masa Depan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Habiburrahman El Shiraj dalam talkshowpun bertema “Hijrah Nabi Muhammad SAW dan Pembentukan Karakter Pribadi Pemimpin Masa Depan”. Sabtu (29/10/2016). (YY Farikha/FORKOMMI)
Habiburrahman El Shiraj dalam talkshowpun bertema “Hijrah Nabi Muhammad SAW dan Pembentukan Karakter Pribadi Pemimpin Masa Depan”. Sabtu (29/10/2016). (YY Farikha/FORKOMMI)

dakwatuna.com – Masih dalam suasana bulan Muharam, pada hari Sabtu 29 Oktober 2016 telah diadakan kegiatan dalam rangka peringatan Tahun Baru Hijriyah. FORKOMMI yang merupakan kepanjangan dari Forum Komunikasi Masyarakat Muslim Indonesia di Malaysia merupakan penyelenggara dari acara tersebut. Kegiatan dalam bentuk Talkshow tersebut, diadakan di aula Hasanuddin Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur dengan mengundang seorang ustaz sekaligus penulis novel kondang ustaz Habiburrahman El Shiraj.

Dalam sambutan di awal acara, Arip Darmawan yang merupakan ketua FORKOMMI menyampaikan tujuan dari organisasi yang telah didirikan pada tanggal 22 Juli 1999 tersebut. FORKOMMI adalah wadah untuk menjalin persaudaraan, mempererat ukhuwah serta menjadi fasilitator dalam pembinaan potensi kemampuan serta pemberdayaan masyarakat Indonesia di Malaysia. Selama hampir tujuh belas tahun, FORKOMMI telah mengadakan beberapa kegiatan rutin seperti pengajian di beberapa komunitas masyarakat Indonesia yang ada di Malaysia, kegiatan peringatan hari besar Islam, tebar Qurban, pelatihan computer untuk para TKI, seminar parenting dan kompetisi olahraga FORKOMMI cup. Anggota FORKOMMI berasal dari berbagai kalangan seperti para pekerja, pelajar, dosen dan ekspatriat yang berada di Malaysia.

Sesi selanjutnya adalah sambutan dari perwakilan KBRI sebagai bentuk dukungan kepada FORKOMMI. Sambutan tersebut disampaikan oleh bapak Tri Gusnono, beliau adalah ketua bidang Pensosbud KBRI di Kuala Lumpur. Kemudian disusul dengan penyerahan plakat kepada pihak KBRI dan pemateri dari ketua FORKOMMI yang disaksikan oleh penasehat FORKOMMI yaitu Dr Muntaha Artalim Zaim.

Setelah itu, acara inti yaitu talkshowpun dimulai yang mengambil tema “Hijrah Nabi Muhammad SAW dan Pembentukan Karakter Pribadi Pemimpin Masa Depan”. Nara sumber yang dikenal dengan sebutan Kang Abiek, memulai sesi dengan membacakan puisi yang berjudul “al Quran Bernyawa” yang menggambarkan tentang Rosulullah SAW dan al Quran. Di hadapan para peserta talkshow yang berjumlah 300 orang, Kang Abiek menyampaikan sekilas hijrah Muhammad SAW, definisi pemimpin dan syarat menjadi pemimpin yang baik.

Kisah hijrah Rosulullah SAW merupakan peristiwa yang agung dan manusiawi sehingga dapat diteladani oleh manusia sepanjang masa. Adapun, terkait dengan kepemimpinan, maka pemimpin harus mampu mempengaruhi orang lain untuk bergerak bersama. Beliau mengutip pendapat dari Ibnu Khaldun tentang urgensi keberadaan seorang pemimpin karena senjata saja tidak mencukupi.

Menjadi seorang pemimpin yang adil memang tidak mudah. Akan tetapi dapat dilakukan jika ada kemauan, kerja keras dan istiqomah. Allah bahkan memberikan balasan yang luar biasa terhadap sosok pemimpin yang adil, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits bahwa dia akan mendapatkan naungan dari Allah ketika hari akhir nanti. Syarat menjadi seorang pemimpin berkarakter diantaranya adalah menjadi problem solver, memiliki sifat positif, komunikator, negosiator ulung, inspirator dan motivator. Dan Rosulullah SAW adalah contoh seorang pemimpin yang memiliki semua karakter seperti yang telah disebutkan, dimana kita didorong untuk dapat membentuk karakter beliau ke dalam kepribadian kita.

Setelah materi disampaikan, moderator talkshow menmberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya. Peserta yang berasal dari beberapa propinsi yang berbeda di Malaysia seperti Selangor, Seremban, Johor, Perak, Pinang dan Kuala Lumpur tampak sangat antusias mengikuti acara dan aktif bertanya kepada nara sumber.  Namun karena keterbatasan waktu, maka sesi talkshow kemudian diakhiri dan dilanjutkan dengan pelantikan serta sosialisasi pengurus FORKOMMI. Dan pada akhirnya, acara ditutup dengan doa.

Alhamdulilah talkshow berlangsung dengan lancar hingga selesai. Ala kulli hal, semoga peserta dapat mengambil manfaat dari materi yang telah didapatkan. Pertama, dari kisah hijrah, Rosulullah SAW telah mengajarkan akan pentingnya perencanaan yang detail dan baik dalam setiap aktifitas kita. Kedua, menjadi pemimpin yang adil dan memiliki karakter seperti Rasulullah  SAW adalah sebuah kebutuhan yang harus diusahakan untuk masa depan peradaban Islam. (SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

YY Farikha
muslimah yang saat ini tinggal di Malaysia, selalu berusaha memperbaiki diri dan memberikan manfaat untuk orang lain, suka berdakwah, belajar dan berbisnis

Lihat Juga

Hijrah Perbaikan Diri

Figure
Organization