Topic
Home / Berita / Silaturahim / (Video) Kajian Al-Maidah Ayat 51: Kepemimpinan Dalam Islam

(Video) Kajian Al-Maidah Ayat 51: Kepemimpinan Dalam Islam

dakwatuna.com – Jakarta. Pada 15 Oktober 2016 bertempat di masjid At-Taqwa, Universitas Pancasila, Yayasan Wihdatul Ummah menyelenggarakan Malam Bina Iman dan Taqwa (MABIT). Kegiatan tersebut dihadiri oleh relawan Yayasan WU dan jama’ah masjid At-Taqwa. Kegiatan MABIT ini diisi dengan dzikir dan tilawah Alquran serta Qiyamullail berjamaah. Setelah Shalat subuh dilanjutkan dengan Kajian subuh oleh Ust Amir Faishol Fath.

Dosen sastra Arab di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta dan dosen Tafsir di Sekolah Tinggi Al Hikmah Jakarta ini menyampaikan kajian tafsir Al-Maidah ayat 51. Ayat ini menjadi ramai diperbincangkan setelah muncul pernyataan kontroversi Gubernur DKI Basuki Tjahaya Purnama di kepulauan seribu pada tanggal 6 Oktober 2016.

Dalam kajian yang dihadiri oleh lebih dari 200 orang tersebut, Ust Amir Faishol menyampaikan bahwa surat Al Maidah adalah salah satu surat yang muhkamat. Ayat muhkamat adalah ayat yang jelas interpretasinya. Orang awam pun cukup dengan membaca terjemahan ayatnya sudah mengetahui makna dari ayat tersebut. Pendiri yayasan Fath Qur’ani Center dan Lembaga Darut Tafsir Fath Institute ini menambahkan bahwa, hanya orang-orang yang memiliki penyakit dalam hatinya saja yang memperdebatkan ayat muhkamat sehingga menjadi mutasyabihat.

Dalam memahami Surat Al Maidah Ayat 51, Alumni Jurusan Tafsir (S1 sampai S3) di International Islamic University Islamabad Pakistan (IIUI) ini mengajak jamaah untuk memahaminya dengan pendekatan visi besar Alquran Allah turunkan kepada Rasulullah. “Mengapa dalam Alquran tema-tema ibadah yang menjadi rukun islam seperti shalat, puasa, haji dan zakat tidak didetailkan tentang tata caranya. Karena Alquran diturunkan untuk menegaskan tugas yang paling besar dari umat ini. Kalau ibadah-ibadah seperti shalat, zakat, puasa dan haji tujuannya untuk mengisi diri sendiri. Tapi tugas besar yang harus dilakukan setelah mengisi diri sendiri dituangkan dalam Alquran dari awal sampai akhir. Karenanya Muhammad SAW setiap berbicara tentang ibadah nabi selalu mengatakan soal perkara ibadah ikut aku (Rasulullah). Shalatlah kamu seperti Aku (Rasulullah) Shalat. Lalu Alquran bicara tentang apa? Alquran dari awal sampai akhir berbicara tentang visi besar seorang muslim yaitu KEPEMIMPINAN. Dan salah satu ayat tentang kepemimpinan Allah bicarakan dalam Al-Maidah ayat 51”.

Surat Al-Baqarah keseluruhannya berisi tentang deklarasi kepemimpinan yang diawali dengan 3 model manusia yang akan ditemui seorang pemimpin yaitu muttaqin, kafirin dan munafikin. Surat Al baqarah juga bercerita tentang contoh kepemimpinan dalam sejarah. Ada pemimpin gagal dan ada contoh pemimpin sukses. Surat Ali-Imran menceritakan tentang prinsip dasar dan tantangan dalam kepemimpinan. Surat An-Nisa menceritakan tentang tugas pokok seorang pemimpin yaitu membela golongan paling lemah dalam masyarakat. Selanjutnya di surat yang lain Allah menceritakan contoh-contoh pemimpin dalam Alquran seperti surat Ibrahim, surat Hud, Yusuf dan lain sebagainya.

Dalam mencapai kepemimpinan hendaknya umat Islam bersatu dan tidak berdebat dalam perkara-perkara yang sifatnya furu’. “Kita tidak akan bisa menjadi pemimpin kalau kita sibuk pada perkara furu’” ungkap pria kelahiran di Sumenep, 15 Februari 1967 ini.

Video kajian tafsir surat Al-Maidah ayat 51 ini dapat Anda saksikan pada:

(samuri/dakwatuna)

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Asal Sulawesi Tenggara, hobi mencatat segala inspirasi

Lihat Juga

Komunitas Muslim Jerman Minta Aparat Jaga Seluruh Masjid

Figure
Organization