Topic
Home / Berita / Silaturahim / Respon Cepat PKPU Tangani Banjir dan Longsor Pacitan

Respon Cepat PKPU Tangani Banjir dan Longsor Pacitan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Tim rescue PKPU melakukan aksi bersih-bersih di SDN 2 Kebonagung, Ahad (18/9/2016) (Muthori/Putri/PKPU)
Tim rescue PKPU melakukan aksi bersih-bersih di SDN 2 Kebonagung, Ahad (18/9/2016) (Muthori/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Pacitan.  Tim rescue PKPU Yogyakarta melakukan assessment respon banjir dan longsor di Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan (18/9). Selain melakukan assessment tim juga melakukan bersih-bersih sekolah di SD N 1 Kebonagung, Kab. Pacitan.

Assessment dilakukan setelah tim mendapatkan informasi telah terjadi banjir dan longsor pada hari Sabtu (17/9) pukul 17.00 WIB yang melanda beberapa desa di Kecamatan Kebonagung, Kab. Pacitan.

Dari informasi yang telah dihimpun oleh tim PKPU Yogyakarta dari BPBD Kab. Pacitan mulai pukul 16.00 WIB hingga Sabtu malam adalah sebagai berikut:

  1. Pukul 16:30 Sungai di wilayah Kec. Kebonagung Kab. Pacitan meluap hingga menggenangi Jalur Lintas Selatan dan menyebabkan pembatas sungai ambruk akibat arus sungai yang deras.
  2. Pukul 17:33 Jalur Ds. Karangnongko, Katipugal, Kalipelus, Klesem, Sidomulyo ditutup sementara akibat banjir
  3. Pukul 17:36 WIB warga Ds. Purwoasri di evakuasi akibat air yang semakin tinggi.
  4. Di wilayah Ds. Banjarjo, Kec. Kebinagung air meluap ke jalan hingga setinggi lutut.
  5. Pukul 17:43 WIB ada rumah terkena longsor a.n Suyanto (60 th) alamat Dsn. Salamrejo Ds. Kebonagung Kec. Kebonagung. Tembok rumah terkena longsoran dan penghuni sudah di evakuasi oleh warga.
  6. Pukul 17:50 laporan longsor susulan di wilayah Ds. Gawang Kec. Kebonagung di jalur lintas selatan.
  7. Pukul 18:16 WIB TIM TRC BPBD meluncur ke lapangan

Rumah terkena longsoran a.n Bpk. Sogiman alamat Rt. 01 Rw. 08 Dsn. Toyowidi Ds. Karangnongko Kec. Kebonagung dan ada 2 titik longsoran lagi di lokasi yang hampir berdekatan.

  1. Pukul 18:46 wilayah Ds. Purwoasri dan Ds. Banjarjo saat ini masih tergenang air.
  2. Pukul 18:50 Dsn. Prambon Ds. Sukoharjo saat ini masih tergenang air yang kemarin di wilayah yang sama juga terendam banjir.
  3. Pukul 19:27 WIB warga Dusun Prambon Desa Sukoharjo kerjabakti meninggikan tanggul dengan sak yang di isi pasir bantuan dari BPBD.
  4. Pukul 20:00 WIB Bupati bersama jajaran terkait meninjau ke lapangan
  5. Di Dsn. Mendole, Ds. Sirnoboyo terdapat 2 perahu nelayan tenggelam, 3 rusak dan 21 unit/potong alat tangkap ikan hanyut terbawa arus banjir.

Dalam assessment yang dilakukan tim PKPU Minggu pagi lokasi banjir dan longsor sudah mulai bisa dikondisikan oleh warga. Selanjutnya pada Minggu pagi, tim rescue PKPU melakukan aksi bersih-bersih di SDN 2 Kebonagung.

“PKPU memilih melakukan aksi bersih-bersih di SD yang terkena banjir agar proses kegiatan belajar mengajar di SD tersebut tidak terganggu dan bisa berjalan seperti biasa”, ujar Ikhsan, kordinator tim rescue PKPU Yogyakarta. (Muthori/Putri/PKPU/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

PKPU HI Serahkan Bantuan Makanan Untuk Korban Banjir Solok

Figure
Organization