Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Malaysia: Puing Pesawat di Pulau Pemba Cocok dengan MH370 yang Hilang

Malaysia: Puing Pesawat di Pulau Pemba Cocok dengan MH370 yang Hilang

Puing bagian sayap pesawat yang ditemukan di Pulau Pemba Tanzania (iol.co.za)
Puing bagian sayap pesawat yang ditemukan di Pulau Pemba Tanzania (iol.co.za)

dakwatuna.com – Malaysia. Puing pesawat ditemukan di pulau Pemba lepas pantai Tanzania dikonfirmasi sebagai bagian dari sayap MH370 yang hilang. Kesimpulan ini diambil setelah pengujian beberapa nomor serta penampilan fisik dan dimensi puing yang ditemukan cocok dengan pesawat yang hilang.

Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Seri Liow Tiong Lai, mengatakan Biro Keselamatan Transportasi Australia (ATSB) dan Tim Investigasi Keselamatan MH370 telah menyimpulkan bahwa angka-angka, penampilan, dimensi, dan konstruksi puing tersebut cocok dengan bagian sayap Boeing 777.

“Sebuah cap tanggal menunjukkan bahwa puing itu diproduksi pada 23 Januari 2002, dan itu cocok dengan 31 Mei 2002, tanggal pengiriman MH370,” jelas Tiong Lai sebagaimana diberitakan The Star (16/9/2016).

“Selain angka-angka itu, semua cap identitas pada puing itu mempunyai kode “OL” yang memiliki hubungan dengan MH370 yang hilang. Perusahaan manufaktur Italia juga telah mengkonfirmasi bahwa semua angka pada puing itu sama dengan yang dikirim ke pihak Boeing, yang kemudian dikirimkan ke Malaysia Airlines,” tambahnya lagi dalam keterangan pers Rabu kemarin (15/9/2016).

Saat ini, ungkap Tiong Lai, tim investigasi akan mencari dan mempelajari lebih lanjut bagaimana pesawat itu terjatuh ke laut.

MH370 milik Malaysia Airlines yang mengangkut 239 penumpang dan kru hilang pada 8 Maret 2014 dalam perjalanannya dari Kuala Lumpur menuju Beijing.

Pencarian puing pesawat tersebut terus berlangsung di Samudera Hindia Selatan, dengan dibantu banyak negara, namun tidak membuahkan hasil hingga ditemukannya puing pesawat di Pulau Pemba, lepas pantai Tanzania, pada 20 Juni 2016 lalu. (rem/dakwatuna)

Sumber: The Star

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization