Home / Berita / Daerah / Hewan Qurban dari Ahok Ditolak Pengurus Masjid, Ini Kata MUI

Hewan Qurban dari Ahok Ditolak Pengurus Masjid, Ini Kata MUI

Ilustrasi. (Antara/Hafidz Mubarak A / republika.co.id)
Ilustrasi. (Antara/Hafidz Mubarak A / republika.co.id)

dakwatuna.com – Dua ekor sapi dari Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang diberikan untuk qurban ditolak oleh pengurus masjid Luar Batang, Ahad (11/9/2016).

Pengurus DKM Masjid Keramat Luar Batang Mansur Amin mengatakan, alasan penolakan dua ekor sapi kurban tersebut dikarenakan menjaga harga diri warga dan umat Islam di sana yang sebagian menjadi korban penggusuran Ahok.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, ada syarat atau ketentuan mengenai qurban, dan selama ini Ahok banyak menyakiti, menzhalimi umat atau rakyat, baik berupa kebijakan serta ucapannya,” kata pria yang akrab disapa Daeng Mansur ini, sebagaimana dilansir Republika Online, Senin (12/9/2016).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Pengurus Masjid Keramat Luar Batang sudah tepat. Karena, salah satu syarat dan rukun wajib untuk berkurban adalah orang Islam.

Tengku Zulkarnain menambahkan, hewan yang diqurbankan merupakan bagian dari nusuk, yang artinya hewan yang disembelih untuk mendekatkan diri kepada Allah.

“Ini kan untuk ibadah. Maka Ahok enggak mencukupi syarat untuk kurban,” ujar Tengku sebagaimana dilansir jpnn.com, Senin (12/9/2016).

Sedangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menanggapi, “Ya tidak apa-apa. Kalau ditolak kan bisa dialihkan ke yang lain,” Senin (12/9/2016), sebagaimana dilansir jpnn.com.

Sementara itu detik.com mengabarkan, Senin (12/9/2016), bahwa pengurus masjid setempat menerima pemberian hewan qurban dari Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan dari warga Tionghoa. (dakwatuna.com/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Arie Untung: Emak-Emak Pelopor Utama Pemasaran Produk Halal

Organization