Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bisakan Rumah Kecil Saya Dibuat Kamar Kos di Lantai Atasnya?

Bisakan Rumah Kecil Saya Dibuat Kamar Kos di Lantai Atasnya?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

harno-fasad-ds-2-view-1dakwatuna.com – 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com , saya ingin merenovasi rumah kecil saya di Serpong – Tangerang. Jalan di depan rumah pas untuk 1 mobil saja. Sementara di samping rumah masih ada halaman sedikit saja sekitar 50 cm di depan dan di belakang hanya 75 cm atau 1 meter. Kemudian di samping halaman tersebut ada gang kecil untuk ke beberapa rumah warga di belakang.

Saya ingin merenovasi rumah tersebut menjadi 2 lantai. Di bawah saya gunakan untuk tempat tinggal. Dengan 2 kamar tidur, mushalla, dapur, gudang , ruang cuci jemur, carport, dan kamar mandi.

Di lantai atas saya ingin ada 3 kamar kos dengan kamar mandi di dalam dan ruang cuci jemur serta dapur plus ruang duduk bagi anak kos.

Bagaimana desain nya Pak Andan ? Saya ingin tahu terlebih dahulu. Karena jika terlalu mahal maka saya ubah saja jadi 1 lantai agar lebih terjangkau. Untuk itu jika Pak Andan ada waktu untuk mampir ke tempat kami maka bisa diskusikan lebih lanjut. Walaupun rumah kecil ini ada di daerah pinggiran, namun saya ingin tetap menggunakan desain dari arsitek.

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih atas perhatian Pak Andan.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Harno – Serpong

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Harno yang saya hormati. Jazakallah atas akses nya ke dakwatuna.com , semoga silaturahim kita diberkahi Allah. In sha Allah saya luangkan waktu mampir ke tempat bapak. Setelah menjenguk anak saya di Unpad Jatinangor dan Pesantren Husnul Khotimah Kuningan Cirebon. Hingga masing – masing amanah yang saya jalani dapat terselesaikan dengan baik.

Netters sekalian, setelah saya survey tanah ini , memang posisi nya cukup unik. Karena tanahnya yang miring. Atau bisa juga memang pola bangun nya yang miring. Saya tidak terlalu paham. Karena daerah ini bukan perumahan dengan grid pembagian petak tanah yang rata.

Untuk itu saya coba fokus ke carport untuk 1 mobil terlebih dahulu. Dengan menghilangkan ruang tamu di depan. Teras lama juga saya hilangkan. Agar mobil dan motor dapat di parkir dengan lega dan lapang. Hingga ruang tamu cukup di ubah menjadi teras tamu yang bergabung dengan carport.

Kamar tidur lama saya pertahankan. Lalu ruang depan saya jadikan mushalla dan dapur lama saya buka atasnya untuk akses cahaya dari atas. Hingga ruang tengah jadi terang dan gudang di area dapur juga tetap terang.

Netters sekalian, untuk kamar kos di atas, saya coba peta kan pola ruang nya sama dengan lantai bawah. Hingga struktur nya tidak banyak berubah. Dengan balkon kecil di tiap kamar dan kamar mandi dalamnya, saya kira kamar kos ini sudah sangat aman nyaman.

Apalagi ada ruang cuci jemur khusus dan wc cuci nya di belakang. Yang sekaligus berfungsi juga bagi akses cahaya dan udara bagi lantai 2 dan lantai 1 rumah Pak Harno. Hingga rumah mungil ini tetap sehat dan privacy lantai 1 dan 2 tetap terjaga.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Dengan parkir motor anak kos di depan tangga luar akan membuat pola sky line façade rumah ini menjadi indah. Apalagi atap carport menyatu dengan balkon dan tangga yang membuat aliran udara dan cahaya berpadu dengan baik.

Senang hati saya. Bisa selesai amanah tugas desain ini. Walaupun badan rasanya remuk redam habis keliling Jawa Barat mengurus bocah, ditambah mandi hujan di atas motor  kemarin saat membuat desain pesantren di Cikarang dan Masjid di Jakarta Timur. Namun puas karena desain cantik ini menjadi pemuas hati karena berhasil selesai dengan baik.

Mohon doakan kami di dakwatuna agar tetap istiqamah menjalani amanah ini. Mohon di share dan di sebar link kami. Agar kebaikan yang ada di media ini dapat dirasakan oleh banyak orang. Dan mohon doa agar tubuh ini diberi kekuatan dan kesehatan lahir batin.

Akhirul kalam, al haqqu mirrobika fala takunanna minal mumtarin. Sampai jumpa pada sesi konsultasi arsitektur yang lain. Semoga Allah meridhai kita semua.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST  –  0822  6108  8424 ( wa )

Kirimkan email order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

harno-serpong-ds-2-denah-awalharno-serpong-ds-2-denah-renovharno-fasad-ds-2-view-12harno-fasad-ds-2-view-11harno-fasad-ds-2-view-10harno-fasad-ds-2-view-8harno-fasad-ds-2-view-6harno-fasad-ds-2-view-3harno-fasad-ds-2-view-1

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Erdogan Hadiri Peringatan 745 Tahun Kematian Jalaluddin Rumi

Organization