Home / Berita / Silaturahim / PKPU Bersama Wardah Luluskan 12 Balita Bergizi Baik di Namosain Kupang

PKPU Bersama Wardah Luluskan 12 Balita Bergizi Baik di Namosain Kupang

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Sekolah Gizi Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama Wardah meluluskan 12 balita bergizi baik di Kelurahan Namosain, Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Vina/Putri/PKPU)
Sekolah Gizi Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama Wardah meluluskan 12 balita bergizi baik di Kelurahan Namosain, Kupang, Nusa Tenggara Timur. (Vina/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Namosain.  Sekolah Gizi Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama Wardah meluluskan 12 balita bergizi baik di Kelurahan Namosain, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Kelulusan balita diumumkan pada acara wisuda balita yang diselenggarakan hari Selasa, (30/08/2016). Wisuda balita tidak hanya dihadiri oleh peserta sekolah gizi, tetapi juga turut hadir Pemerintah Namosain, yaitu Yoseph selaku sekretaris kelurahan dan Hendrik Temaluru selaku sekretaris kecamatan Alak.

Wisuda balita merupakan puncak dari Program Kampung Nutrisi yang sudah berjalan selama enam bulan di Namosain, yaitu sejak bulan Februari 2016. Jumlah peserta sekolah gizi adalah 38 balita malnutrisi. Kegiatan dari sekolah gizi adalah edukasi ibu balita, penimbangan berat dan tinggi badan balita, pemberian makanan tambahan, dan makan bersama yang dilakukan rutin setiap pekan.

Selain itu setiap dua pekan sekali fasilitator melakukan pendampingan ke rumah ibu balita untuk memastikan makanan tambahan dikonsumsi oleh balita dan memberikan pengarahan lebih intensif ke ibu balita mengenai pola asuh dan pemberian asupan makanan bergizi.

Serangkaian kegiatan itu sangat efektif dalam mendorong peningkatan berat badan balita. Terbukti, dari 38 balita yang awalnya bergizi buruk setelah enam bulan pendampingan berhasil meluluskan 12 balita gizi baik. Prestasi ini merupakan buah kerjasama yang baik, antara PKPU-Wardah, Yayasan Ibadurrahman, Kader Berdaya, Puskesmas, dan pemerintah setempat.

PKPU menyadari upaya pengentasan malnutrisi tidak hanya melalui pendekatan langsung ke balita dan ibu balita tetapi dibutuhkan juga daya dukung lingkungan dalam menyediakan bahan makanan bergizi untuk dapat dikonsumsi secara berkelanjutan.

Oleh karena itu, PKPU-Wardah juga mendorong terbentuknya Kebun Bibit Desa dan Kebun Sehat Keluarga. Sekarang ini, telah terbentuk dua Kebun Bibit Desa dan 38 Kebun Sehat Keluarga di Namosain. Harapannya, dari hasil kebun tersebut dapat mencukupi kebutuhan asupan makanan balita dan keluarga setiap harinya.

“Saya sangat mendukung kegiatan sekolah gizi dan kebun bibit desa yang diinisiasi oleh PKPU, Wardah, dan Yayasan Ibadurrahman. Ini adalah bentuk nyata mengentaskan gizi buruk di kelurahan Namosain, Kupang, NTT. Saya berharap program ini berlanjut dan bisa menjangkau wilayah lain di NTT, khususnya Kupang,“ ucap Hendrik Temaluru dalam sambutannya. (Vina/Putri/PKPU/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Peduli Gizi Anak Bangsa, PKPU HI Gelar Kegiatan Edukasi Gizi

Organization