Topic
Home / Berita / Silaturahim / Pelatihan Manajemen Pariwisata di Desa Sidamukti, Kabupaten Majalengka

Pelatihan Manajemen Pariwisata di Desa Sidamukti, Kabupaten Majalengka

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pelatihan manajemen pariwisata di desa Sidamukti kabupaten Majalengka, Rabu (24/08).  (Vina/Putri/PKPU)
Pelatihan manajemen pariwisata di desa Sidamukti kabupaten Majalengka, Rabu (24/08). (Vina/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Majalengka.  Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU bersama Bank Indonesia wilayah Cirebon menggelar pelatihan manajemen pariwisata yang dilaksanakan di desa Sidamukti kabupaten Majalengka, Rabu (24/08).

Kegiatan ini merupakan bagian dari pelaksanaan cluster berdaya Program Bank Indonesia Village Tourism Care and Development di desa Sidamukti.

Fitra Ananta, yang merupakan konsultan pariwisata, berkesempatan untuk mengisi pelatihan ini sebagai narasumber.

Maya selaku perwakilan Bank Indonesia perwakilan Cirebon mengungkapkan “kami berharap Bank Indonesia perwakilan Cirebon masyarakat desa Sidamukti bisa aktif bergerak mengembangkan potensi mereka untuk membantu meningkatkan pendapatan mereka dengan adanya program Bank Indonesia Village Tourism Care and Developmen ini.” Ujarnya.

Fitra Ananta mengatakan bahwa yang paling penting dari semua potensi pariwisata yang ada di desa adalah pengelolanya, atau dengan kata lain masyarakat desa itu sendiri. Oleh karena itu, pelatihan ini dibuat untuk meningkatkan kecakapan masyarakat desa, khususnya karang taruna, dalam mengelola  desa wisata sehingga manfaat dan keuntungannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat desa sidamukti sendiri.

Karwan selaku penerima manfaat sangat mengapresiasi pelatihan ini dan mengutarakan bahwa pengunjung yang hadir ke desa ini mengalami peningkatan, dan merasa sangat terbantu atas kehadiran PKPU dan Bank Indonesia.

Pak Kuwu (panggilan kepala desa) mengakui perlunya peningkatan kapasitas pengetahuan dan skill bagi masyarakat agar bersungguh-sungguh dalam mengelola desa sidamukti sebagai desa wisata, khususnya Seperti karang taruna, karena mereka lah yang paling banyak turun di lapangan dalam mengelola desa Sidamukti ini.

Pelatihan ini dihadiri oleh 40 anggota karang taruna dari 5 dusun, yang semuanya merupakan petugas pariwisata gunung panten. Oleh karena itu, Pak Kuwu mengucapkan terimakasih kepada PKPU dan Bank Indonesia perwakilan cirebon yang telah memfasilitasi pelatihan bagi warganya dan harapan dari pelatihan ini dapat  bertahap dan didampingi sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan pengunjung wisata desa sidamukti.  (Vina/Putri/PKPU/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Lima Destinasi Wisata Terbaik di Xi’an, Populasi Muslim Terbesar di China

Figure
Organization