Amanah Itu Menjaga

Ilustrasi (Sumber: http://portalintelektualjpans.blogspot.com)

dakwatuna.com – Amanah itu menjaga. Menjaga diri dari perbuatan sia-sia. Amanah mengajarkan untuk memantaskan diri. Memantaskan diri untuk bisa masuk syurgaNya yang seluas langit dan bumi.

Amanah adalah salah satu ciri orang beruntung yang Allah sebutkan dalam Qur’an Surah Al-Mu’minuun ayat ke delapan : Dan sungguh beruntung orang yang memelihara amanat-amanat dan janjinya.

Dan kata Allah di ayat ke sepuluh dan ke sebelasnya : mereka adalah orang yang akan mewarisi syurga firdaus, dan mereka kekal di dalamnya.

Semoga dengan mengemban amanah, kita juga digolongkan sebagai ciri orang beruntung lainnya di ayat ketiga, yakni orang yang menjauhkan diri dari perbuatan yang tidak berguna. Dalam tafsir Ibnu Katsir, ayat ini dihubungkan dengan firman Allah dalam surah Al-Furqaan ayat 72, Dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.

Dan semoga kita selalu ingat perkataan ulama, Qatadah : Demi Allah, mereka didatangi perintah Allah, lalu mereka sibuk olehnya. (dakwatuna.com/hdn)

Penghafal Qur’an yang sedang dididik menjadi dokter di FK UNS, Solo. Aktif dalam UKM Ilmu Qur’an UNS.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...