Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Capres Rasis Donald Trumph Rayu Warga Kulit Hitam Pilih Dirinya

Capres Rasis Donald Trumph Rayu Warga Kulit Hitam Pilih Dirinya

Capres AS, Donald Trumph (aljazeera.net)
Capres AS, Donald Trumph (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Amerika Serikat. Capres AS dari Partai Republik, Donald Trumph, merayu warga keturunan kulit hitam AS agar memilih dirinya dengan dalih saingannya Hillary Clinton dan Partai Demokrat yang mendukungnya tidak lagi memperjuangkan hak-hak mereka.

Sebagaimana diberitakan Aljazeera (20/8/2016), rayuan itu disampaikan Trumph dalam kampanye dirinya di kota Mondeal, Michigan, Jumat kemarin (19/8), dengan mengungkapkan warga kulit hitam paling dirugikan oleh kebijakan-kebijakan Hillary selama ini.

Langkah Trumph memojokkan rivalnya dalam Pilpres AS ini tidak terlepas dari popularitasnya yang masih di bawah Hillary sebagaimana disebutkan oleh sejumlah lembaga survei.

Jika sebelumnya Trumph yakin akan memenangkan pemilihan dengan dukungan dari warga AS keturunan Latin, kini dirinya mulai gencar mencari perhatian dari kalangan pemilih keturunan kulit hitam.

“Kalian hidup dalam kemiskinan, sekolah-sekolah kalian yang buruk (kondisinya), kalian tidak memiliki pekerjaan (yang layak), 58% pemuda kalian pengangguran. Apa lagi penderitaan dan kerugian yang akan kalian hadapi pada masa mendatang (jika Hillary menjadi presiden),” demikian kritikan Trumph terhadap Hillary dan Partai Demokrat.

Pada Pilpres 2012, pemilih warga kulit hitam diestimasikan sebanyak 12% dari seluruh pemilih, dan 93% dari mereka memberikan suara kepada Barack Obama ketika itu.

Hillary Clinton diperkirakan berhasil mendapatkan 90% suara mereka dalam konvensi pemilihan capres dari Partai Demokrat beberapa waktu lalu. Popularitas Trumph yang saat ini berada di bawah Hillary tidak terlepas dari pernyataan-pernyataan kontroversi dan rasisnya di berbagai-bagai media. (rem/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization