Maju ke Final Bulutangkis Olimpiade, Tontowi/Liliyana jadi Satu-satunya Wakil Indonesia

Tontowi/Liliyana maju kepartai Final Bulutangkis Olimpiade 2016 Brasil setelah mengalahkan pasangan Cina Zhang Nan/Zhao Yunlei. (sindonews.com)

dakwatuna.com – Rio de Janeiro.  Tontowi/Liliyana jadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa usai mengalahkan rival beratnya dari China, Zhang Nan/Zhao Yunlei dalam parta semi final bulutangkis olimpiade 2016 Brasil.

Tampil luar biasa di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, Selasa (16/8) pagi WIB, mereka menghabisi unggulan teratas itu dengan skor 21-16 dan 21-15 dalam waktu 51 menit.

Dilansir detikcompertarungan dua ganda campuran terkuat dunia ini berlangsung ketat dengan diwarnai saling jual serangan. Di game pertama, Tontowi/Liliyana sempat unggul lima angka dalam kedudukan 10-5. Namun, Zhang/Zhao meraih enam poin secara beruntun untuk berbalik memimpin 11-10.

Tontowi/Liliyana baru bisa menyamakan skor dalam kedudukan 14-14 setelah serobotan Liliyana tak bisa dikembalikan Zhang. Mereka kemudian meraih dua poin berikutnya untuk unggul 16-14.

Tontowi/Liliyana terus menekan Zhang/Zhao dan berhasil memperlebar jarak menjadi 19-15. Mereka akhirnya berhasil merebut game pertama setelah smes keras Tontowi tak bisa dikembalikan dengan sempurna oleh Zhang.

Pada game kedua Tontowi/Liliyana langsung melesat 5-0. Meski Zhang/Zhao sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 4-6, Tontowi/Liliyana bisa menjauh lagi dan unggul 11-8 saat jeda interval.

Tontowi/Liliyana akhirnya bisa mengakhiri perlawanan Zhang/Zhao dan menutup game kedua dengan skor 21-15 setelah bola pengembalian Zhao keluar lapangan.

Republika.co.id memberitakan bahwa Tontowi/Liliyana menjadi wakil Indonesia satu-satunya. Pasalnya pemain tunggal putra Tommy Sugiarto kalah di babak kedua melawan pemain dari Inggris Raya, Rajiv Ouseph. Ganda putri andalan Indonesia, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari juga kalah dari pasangan Cina, Tang Yuanting/Yu Yang di babak perempat final.

Kemenangan pasangan Indonesia ini sekaligus menggagalkan skenario all chinese final, setelah sebelumnya pasangan Cina Xu Chen/Ma Jin juga menderita kekalahan terhadap pasangan non-unggulan dari Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dengan 12-21 dan 19-21.

Babak final di sektor ganda campuran yang mempertemukan Tontowi/Liliyana melawan Chan/Goh akan dilangsungkan pada Rabu (17/8) mendatang yang bertepatan dengan Ulang Tahun Republik Indonesia ke-71 tahun. (SaBah/dakwatuna)

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
Konten Terkait
Disqus Comments Loading...