Topic
Home / Berita / Nasional / Archandra Memiliki Paspor AS Lewat Proses Naturalisasi Pada 2012

Archandra Memiliki Paspor AS Lewat Proses Naturalisasi Pada 2012

Archandra Tahar
Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Archandra Tahar. (liputan6.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Presiden Jokowi memecat Archandra Tahar dari pososinya sebagai menteri ESDM, Senin (15/8/2016) malam. Archandra diketahui telah memiliki Paspor Amerika Serikat (AS). Dengan begitu, secara hukum, Achandra secara otomatis bukan lagi sebagai warga negara Indonesia (WNI).

Disebutkan, sebagaimana yang dilansir dari kompas.com, Selasa (16/8/2016), saat dilantik pada Rabu (27/7/2016), Arcandra sudah memegang paspor AS setelah melalui proses naturalisasi pada Maret 2012 dengan mengucapkan sumpah setia kepada AS.

Bahkan, sebulan sebelum menjadi warga negara AS, Februari 2012, ternyata Arcandra mengurus paspor RI kepada Konsulat Jenderal RI di Houston, AS, dengan masa berlaku lima tahun. Karena perbuatannya tersebut, Arcandra dinilai telah melanggar UU No 6/2011 tentang Keimigrasian, UU No 12/2006 tentang Kewarganegaraan, serta UU No 39/2008 tentang Kementerian Negara.

Sebelumnya, Archandra sempat mengungkapkan kepada awak media bahwa dirinya masih sebagai WNI.

“Sampai saat sekarang saya masih memegang paspor Indonesia. Paspor Indonesia saya masih valid. Ayo, mau tanya apa lagi?” katanya, seperti yang dilansir dari kompas.com.

Meskipun Arcandra mengatakan bahwa dirinya masih memegang paspor Indonesia. Namun dirinya tidak menjawab dengan lugas saat ditanya apakah selama di AS pernah mengganti kewarganegaraan atau tidak.

“Proses-proses yang di sana, yang berkaitan dengan pertanyaan teman-teman sudah saya kembalikan,” ujar pria asal Minang itu.

Sayangnya, Arcandra juga tidak menjelaskan apa yang sudah ia kembalikan tersebut, apakah green card atau pembatalan status kewarganegaraan.

Saat ini posisi Archandra sementara diserahkan ke Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, sampai Jokowi menetapkan pengganti Archandra.

“Menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan yang juga Menko Kemaritiman sebagai penanggung jawab Menteri ESDM sampai diangkatnya menteri definitif,” jelas Mensesneg Pratikno dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, seperti yang dilansir dari detik.com, Selasa (16/8/2016). (abr/dakwatuna)

Redaktur: Abdul Rohim

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Seorang suami dan ayah

Lihat Juga

Manipulasi Esemka

Figure
Organization