Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Rumah Tua, Sebaiknya di Renovasi Atau di Jual Saja?

Rumah Tua, Sebaiknya di Renovasi Atau di Jual Saja?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

asep - cimone ds 1 eks view 2dakwatuna.com –

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Andan di dakwatuna.com , semoga situs dakwatuna bisa tetap istiqamah berdakwah di jalur on line ini.  Pak Andan, Keluarga kami memiliki sebuah rumah tua satu lantai. Kondisi kurang baik. Hingga kami mohon saran dari Pak Andan. Apakah sebaiknya rumah itu di jual apa adanya saja atau di renovasi kemudian di jual dengan harga yang lebih pantas.

Rencananya kami ingin tambah satu kamar lagi hingga total kamar tidur jadi 3. Lalu kami ingin juga membuat carport untuk mobil, ruang cuci jemur dan teras.

Demikian info nya. Jika Pak Andan ada waktu mampir ke Cimone Tangerang, maka kita bisa bahas lebih lanjut mengenai hal ini. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Asep  –  Cimone

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Pak Asep di Cimone, jazakallah atas akses nya kepada kami. Doa kami juga menyertai anda agar senantiasa tetap istiqamah di jalan dakwah. Semoga Pak Asep sekeluarga senantiasa di dalam lindungan taufik wal hidayah dari Allah subhanahu wa ta’ala.

Pak Asep, setelah survey ke lokasi maka saya memutuskan untuk merenovasi rumah tersebut. Karena memang kondisi nya sudah kurang baik. Hingga harga jual nya juga akan jatuh. Selain itu minat orang membeli rumah tersebut menjadi kurang.

Untuk Saya berusaha fokus dengan membongkar atap lama rumah namun dengan pola dudukan yang sama. Yaitu atap pelana dengan buangan depan dan belakang. Pola ini akan membuat renovasi atap murah karena dinding sopi – sopi yang menjadi penopang atap lama masih bisa dipakai lagi.

Tanah kosong di kanan saya jadikan carport, ruang cuci jemur , dapur dan kamar tidur. Kemudian dapur di belakang saya bongkar dan saya jadikan kamar tidur utama. Dengan taman kecil di belakang maka hawa segar dapat mengalir ke ruang tidur dan kamar mandi.

Untuk kamar mandi, sebenarnya saya hanya memanfaatkan kamar mandi lama yang terlalu besar. Saya bagi dua ruangan ini. Hingga satu menjadi kamar mandi utama yang dapat di akses dari kamar tidur utama dan satu lagi adalah kamar mandi umum.

Untuk tampilan muka saya buat minimalis saja. Agar mengikuti selera pasar. Hingga lebih mudah menjual nya karena masih banyak orang suka dengan gaya seperti ini. Warna cerah, atap pet beton teras minimalis dan ornamen tiang yang variatif.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Renovasi hemat dengan tidak terlalu banyak membongkar rumah.  Semoga bermanfaat artikel ini. Dan sesuai dengan doa Pak Asep, semoga kita semua para netters dakwatuna.com di beri ke istiqamah an dan kesabaran menapaki jalan dakwah ini.

Akhirul kalam, billahi taufik wa hidayah. Sampai jumpa pada konsultasi arsitektur berikutnya tetap di saluran yang sama, dakwatuna.com

Wassasalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Andan Nadriasta, ST   –   0817  496  57  42

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected]

asep cimone denah awalasep - cimone - denah renovasi ds 1asep - cimone ds 1 int view 2asep - cimone ds 1 int view 4asep - cimono ds 1 potongan view 2asep - cimono ds 1 potongan view 4asep - cimone ds 1 eks view 1asep - cimone ds 1 eks view 3asep - cimone ds 1 eks view 2

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Rumah Klasik Rumah Minimalis, Lebih Murah Yang Mana? (1)

Organization