Topic
Home / Berita / Internasional / Turki Pecat 27 Ribu Tenaga Pendidikan Pro-Kudeta

Turki Pecat 27 Ribu Tenaga Pendidikan Pro-Kudeta

Fethullah Gulen. (aljazeera)
Fethullah Gulen. (aljazeera)

dakwatuna.com – Ankara. Menteri pendidikan Turki, Ismet Yilmaz, Kamis (11/08/2016) kemarin, mengatakan bahwa pemerintahan Turki telah memberhentikan 27 ribu pegawai di sektor pendidikan. Pemecatan ini terkait dengan pemeriksaan jamaah Fethullah Gulen yang dituduh terlibat sebagai perencana upaya kudeta bulan lalu.

Seperti disampaikan kepada para wartawan, dan juga tayangkan beberapa televisi Turki, Ismet menambahkan, “Pemerintahan Turki telah membatalkan surat izin kerja 27 ribu pegawai yang bekerja di beberapa sekolah dan institut yang terhubung dengan ‘negara dalam negara’ pimpinan Fethullah Gulen.

Bahkan Ismet menegaskan, “Mereka  tidak akan diizinkan bekerja di lembaga-lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta.”

Pihak pemerintah Turki sering menggunakan istilah “negara di dalam negara” untuk para pengikut setia Gulen yang berada dalam lembaga-lembaga pemerintahan. Sementara itu, Fethullah Gulen menampik keterlibatan dirinya dalam upaya kudeta, maupun berkonspirasi melawan negara. (msa/ujang/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera Mubasher

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization