Home / Berita / Silaturahim / Tingkatkan Kualitas Dai-Daiyah, BMH Selenggarakan Daurah Alquran Bersanad

Tingkatkan Kualitas Dai-Daiyah, BMH Selenggarakan Daurah Alquran Bersanad

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
BMH Menyelenggarakan Dauroh Alquran Bersanad. (Rahmatullah Andre)
BMH Menyelenggarakan Dauroh Alquran Bersanad. (Rahmatullah Andre)

dakwatuna.com – Memperhatikan kebutuhan umat terhadap dakwah Islam yang kian meningkat, bekerjasama dengan Pesantren Hidayatullah Depok, BMH menggelar acara Daurah Alquran Bersanad.

“Kegiatan ini kami gelar sebagai upaya peningkatan mutu dai dan daiyah di Jabodetabek terutama dalam hal bacaan Alquran, sehingga umat semakin tercerahkan,” ungkap Maghfur, selaku Ketua Panitia.

Sementara itu, Kepala Humas BMH Pusat, Imam Nawawi mengatakan bahwa program ini akan berlangsung di berbagai daerah, seperti di Depok, Malang, Makassar, Berau, Bontang dan Balikpapan,” jelasnya.

Hadir sebagai pemateri Ustadz Rifa’i Al-Haq bin Abbas, Lc yang merupakan santri lulusan Pesantren Hidayatullah Balikpapan.

Pria yang merupakan anak ke dua dari delapan bersaudara ini menjelaskan bahwa sekalipun belum ditemukan dalil kuat bahwa membaca Alquran dengan sanad adalah perintah langsung Allah dan Rasul, tetapi hal ini sangat penting dalam menjaga keutuhan ajaran Islam.

“Sejauh ini memang belum ditemukan dalil yang memerintahkan umat Islam membaca Alquran dengan bersanad. Allahu a’lam. Tetapi, Imam Ibnul Mubarak mengatakan, ‘Laula Isnada laqala man tsa a maa sa a’ yang artinya ‘Jikalau tidak ada sanad, orang akan berkata (terhadap bacaan Alquran-red) seenaknya, semaunya,'” ucapnya.

Rifa’i Al Haq Bin Abbas Lc adalah mahasiswa Universitas Al-Azhar Kairo Mesir sedang mengambil studi tafsir dan ilmu Alquran yang telah mendapatkan beberapa sanad.

“Ustadz Rifa’i telah memegang beberapa sanad, mulai dari Sanad Matan Jazariyah ke-12. Sanad Matan Tuhfatul Athfal ke 12, Sanad Tahsin Alquran Riwayat Syu’bah & Hafs’an ‘Ashim, sekaligus Mutakhossis Ilmu Tajwid & Qiro’at bersama Masyayikh Mesir,” rinci Maghfur.

Acara Daurah Alquran Bersanad ini akan berlangsung selama 10 hari (10-20 Agustus 2016) dan telah dihadiri oleh berbagai peserta dari berbagai kalangan dai dan daiyah di Jabodetabek. (Herim/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar

Lihat Juga

BMH Jatim Terima SK Kemenag Sebagai LAZNAS Perwakilan Provinsi

Organization