Topic
Home / Berita / Silaturahim / Be A Star Bagi Siswa Bojong Kamal, Banten

Be A Star Bagi Siswa Bojong Kamal, Banten

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
PKPU menyalurkan Melalui Program Beasiswa Akselerasi Pintar (Be A Star), di SD Bojong Kamal Legok Banten, Rabu (3/8/2016). (Dita/Putri/PKPU)
PKPU menyalurkan Melalui Program Beasiswa Akselerasi Pintar (Be A Star), di SD Bojong Kamal Legok Banten, Rabu (3/8/2016). (Dita/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Banten.  Di awal tahun ajaran baru, banyak orang tua yang mengeluh pusing. Terlebih lagi bagi mereka yang berekonomi pas-pasan seperti para orangtua murid SD Bojong Kamal Legok Banten ini. Meskipun pemerintah sudah menggratiskan biaya sekolah, namun masih banyak biaya yang harus dikeluarkan orangtua murid, seperti: Seragam sekolah, buku-buku sekolah, LKS, Buku Paket dan perlengkapan sekolah lainnya. Beban biaya tersebut menjadi lebih berat bagi orang tua murid yang memiliki anak lebih dari satu dan sama-sama sedang membutuhkan biaya sekolah.

Oleh karena itu Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU yang sangat peduli dengan masalah Pendidikan, bekerjasama dengan PT. Agrisatwa Jaya Kencana berusaha menjadi solusi bagi mereka yang berprestasi namun terkendala biaya. Melalui Program Beasiswa Akselerasi Pintar (Be A Star), para siswa di berikan bantuan pendidikan secara rutin tipa bulan sebesar  Rp. 80.000 untuk anak SD, Rp. 100.000 untuk SMP dan 150.000 untuk SMA. Di harapkan dari bantuan biaya pendidikan ini dapat sedikit meringankan biaya kebutuhan sekolah serta memberi semangat baru bagi siswa maupun orangtua.

Seperti yang dilakukan pada hari ini Rabu (3/8), PKPU bersama tim Be A Star mengunjungi sekolah SD Bojong Kamal Legok Banten untuk menyalurkan beasiswa. Ini merupakan penyaluran beasiswa tahun terakhir dari donoatur PT. Agrisatwa Jaya Kencana. Sebelumnya mereka  sudah menerima beasiswa ini secara rutin tiap tiga bulan sekali selama setahun. Acara di mulai pukul 13.00 di salah satu kelas yang ada di SD Bojong Kamal. Di awali dengan pembukaan, pembacaan tilawatil  Qur’an dari siswa, sambutan PKPU dan  Koordinator  / perwakilan guru. Kemudian mereka di panggil satu-satu untuk menerima beasiswa, paket sekolah serta konsumsi.  Jumlah  beasiswa yang di salurkan kali ini berjumlah 100 orang dengan rincian, SD 84 Siswa, SMP 13 Siswa dan SMA 3 Siswa.

Usai menerima beasiswa, parasiswa di berikan materi pendidikan dari Tim BeA Star PKPU.  Yang menjadi Tema dari materi Penyaluran beasiswa kali ini adalah “Raih Prestasi Gapai Cita-cita”. Di Harapkan dari materi ini para siswa dapat merencanakan dan memikirkan tentang cita-cita di masa depan dan pentingnya menjadi pribadi yang berprestasi. Penyampaian materi di kemas secara simple dan sistematis menggunakan slide PPT yang di dukung efek audio. Pemateri mengenalkan diri terlebih dahulu dan mencairkan suasana dengan menampilkan video serta games ringan (ice breaking).

Selanjutnya pemateri mulai menjelaskan bahwa setiap anak memiliki potensi masing yang dibawakan dengan analogi kartun familiar yang disukai anak-anak serta beberapa contoh langsung. Setelah itu anak-anak diajak untuk mengetahui bahwa potensi bisa dilatih dan berkembang melalui belajar. Penjelasan belajar yg ditekankan ialah membaca buku. Setelah itu memberitahu bahwa ada sebuah buku (kitab) yg sempurna yakni Al-Quran. Penjelasan Al-Quran disini lebih di khususkan untuk memberi hikmah bahwa isi Al-Quran sudah mampu menginspirasi manusia-manusia  yang berprestasi (Nabi Muhammad dan Sahabat) dan orang-orang  yang mau mengembangkan potensinya (contoh Nabi Muhammad dan sahabatnya). Setelah dijelaskan demikian masuklah ke materi akhir yang mengajak siswa membuat sebuah cita-cita lalu berdoa bersama agar Allah menguatkan tekad dan mengijabah doa yang diajukan.

Jajang (54 th) selaku guru dari SD Bojong Kamal mengucapkan rasa terimakasihnya kepada para donatur yang telah memberikan beasiswa kepada murid-muridnya. Ia mendoakan kepada para donatur agar di berikan keberkahan usahanya serta kesehatan keluarganya, beliau berharap pemberian beasiswa ini tidak berhenti sampai disini saja, tetapi terus berlangsung sampai para siswa bisa mandiri. (Dita/Putri/PKPU/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Emir Qatar Janjikan Pendidikan untuk Satu Juta Anak Perempuan

Figure
Organization